Mohon tunggu...
Yudha Adi Putra
Yudha Adi Putra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Tidak Pernah Mati

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Belajar Berbagai Hal untuk Kebaikan Bersama

16 November 2022   19:00 Diperbarui: 16 November 2022   19:03 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pamonangan, Belajar Berbagai Hal untuk Kebaikan Bersama

Yudha Adi Putra

Biodata

Nama                                    : Pamonangan Manurung

Tempat, Tanggal Lahir    : Palangkaraya, 23 Januari 1975

Meski menjadi dosen arsitektur, Pak Monang (begitu biasa disapa), tergerak untuk terus belajar isu kemanusiaan. Pak Monang memiliki ketertarikan bahwa pembelajaran bahwa tata ruang juga memiliki perhatian terhadap aktivitas sosial yang terjadi di dalamnya. Melalui karyanya sebagai dosen, Pak Monang mengajarkan banyak hal berkaitan pentingnya perhatian pada relasi antar manusia, dimana keberadaan struktur ruangan memiliki peran. 

Pak Monang merupakan dosen Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Kristen Duta Wacana, beliau mengajar sejak tahun 2003. Sebagai seorang profesional, Pak Monang juga memiliki hobi. 

"Saya senang sekali olahraga. Dulu waktu di Kalimantan voli itu wajib. Ketika di Yogyakarta, kesulitan mencari teman dan waktu untuk bisa bermain voli. Jadi saya memiliki kesenangan untuk bermain badminton. Selain itu, menonton film Marvel juga menjadi kegiatan di waktu luang yang menyenangkan," kata Pak Monang yang aktif menulis dan telah menerbitkan delapan buku.

Melihat Teman Asyik Menggambar

Pak Monang lahir di Kalimantan. Mulai merantau ke berbagai tempat ketika sudah dewasa. Keinginan kuliah arsitek sebenarnya baru muncul ketika berada di Yogyakarta, Pak Monang merencanakan untuk kuliah Teknik Kimia ketika merantau. Keinginan kuliah tidak terlalu dominan bagi Pak Monang, Pak Monang ingin bekerja, tetapi lulusan SMA tentu sangat terbatas pekerjaannya. 

Oleh karena itu, Pak Monang pergi ke Yogyakarta dan mendapatkan ide untuk kuliah arsitek ketika melihat seorang teman di sebelah kosnya. "Saya merasa senang, waktu lihat orang gambar sambil ngobrol dengan temannya. Sejak saat itu, saya memutuskan untuk belajar menjadi arsitek," tutur Pak Monang di ruangannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun