Mohon tunggu...
Nobi Abandi
Nobi Abandi Mohon Tunggu... Lainnya - Nobi Abandi

Instagram: @nobiabandi YouTube : NOBI CHANNEL Prodi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Semester: III

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Makalah Organisasi Dalam Administrasi Pendidikan SD

23 Oktober 2021   23:08 Diperbarui: 23 Oktober 2021   23:20 206 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
dokumentasi pribadi

MAKALAH
ORGANISASI DALAM ADMINISTRASI PENDIDIKAN SD
Makalah ini disusun dan diajukan untuk memenuhi tugas kelompok  pada
                                     Mata Kuliah Administrasi SD

                      Dosen Pengampu Mata Kuliah: Elyana, M.Pd
                                       Disusun oleh : Kelompok 2
 Nobi Abandi          (10710620087)
 Khaerinnayati        (10710620063)
 Parhin                   (10710620151)
   Saherul Farozi       (10710620112)

PROGRAM  STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP HAMZAR LOMBOK UTARA
TAHUN 2020

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
             Sekolah merupakan salah satu tempat belajar para siswa yang  memiliki kaitan  dengan lingkungannya. Sebagai suatu sistem, sekolah merupakan organisasi terbuka yang tidak boleh mengisolasi diri dari  lingkungannya, melainkan harus selalu mengadakan hubungan kontak dengan lingkungannya dan bekerja sama (Fitriyani, 2019: 62).  Administrasi pendidikan merupakan proses keseluruhan dan kegiatan-kegitan bersama yang harus di lakukan oleh semua pihak yang terlibat di dalam tugas-tugas pendidikan. Oleh karena itu, administrasi pendidikan seyogyanya harus diketahui bahannya oleh pihak sekolah atau pemimpin-pemimpin pendidikan lainnya, tetapi juga harus diketahui dan dijalankan oleh para guru dan pegawai-pegawai sekolah sesuai dengan fungsi jabatannya masing-masing (Aziz, 2016: 15). Menurut Arthur Grager administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan suatu organisasi (Arsyam, 2020: 2).
             

BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Organiasasi Pendidikan SD
              Kata ''organisasi" secara etimologi berasal dari bahasa latin ''organum yang berarti alat,''organization''berarti organisasi, penyusunan,pengumpulan, penghimpunan (Taruna, 2017 dalam Fitriyani, 2019: 64). Organisasi secara sederhana dipahami sebagai sekumpulan individu yang berinteraksi menjadi kelompok untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Organisasi mengisyaratkan adanya komitmen bersama individu di dalam kelompok (Purwanto,  2020: 28).
             Organisasi adalah setiap bentuk-bentuk persekutuan dua orang atau lebih yang bekerjasama secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan, dalam ikatan nama terdapat seorang, atau beberapa orang yang disebut atasan atau sekelompok orang yang disebut bawahan ( Aziz, 2016: 91). Kemudian bila dikaitkan dengan pendidikan organisasi adalah tempat atau wadah sekumpulan orang yang bekerja sama melakukan aktifitas pendidikan Tujuan Pendidikan telah diatur dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 ayat 1 pasal 1 yang berbunyi: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan  yang diperlulakan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Akrom, 2017). Beberapa ahli yang menyatakan pendapatnya tentang organisasi yaitu:

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan