Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Meriahkan HUT Proklamasi

6 Agustus 2022   11:43 Diperbarui: 6 Agustus 2022   12:00 47 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok Mahesa Jati Urawa

Masuk bulan Agustus, hampir dipastikan semua daerah akan menyambutnya dengan kegembiraan, mulai tingkat RT, RW, Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.  Bahkan beberapa pengusaha konveksi  kaos pun memanfaatkan moment ini sebagai ladang bisnis, tidak mengapa margin sedikit, yang penting bisa bantu memeriahkan proklamasi ditahun ini. 

Termasuk mobilisasi daerah, agar memastikan semua rumah memasang bendera merah putih, dipasang selama sebulan penuh, bahkan ada beberapa warga mulai rapat awal jelang bulan agustus, dari mulai mewajibkan pasang bendera didepan rumah, kantor pemerintahan, sekolah dan perusahaan swasta untuk memeriahkan HUT RI ini. 

Berbagai perlombaan pun dilaksanalan, dengan memanfaatkan momen HUT RI untuk ajang kreativitas dan silaturokhim atau persatuan dan kesatuan, warga harus terlibat bersama-sama, ini salah satu cara mengisi kemerdekaan, karena kita tinggal mengisi kemerdekaan ini, negeri yang aman dan nyaman. 

Dok Kominfotik Brebes
Dok Kominfotik Brebes

Tingkatan desa pun terkadang membuat lomba pucang berhadiah, lomba jalan sehat hadiah doorprize termasuk lomba tumpeng dan ragam lomba kreativitas dari tingkatan anak hingga dewasa dan manula.

Saat malam hari pun ada juga yang memasang lampu dikasih bendera merah putih, ada juga yang lampu berwarna sehingga tampak meriah dan semarak. 

Saat agustusan juga ada kegiatan pavai dijalan utama, sehingga warga akan tampil dengan kreativitas dan dilombakan, ada yuri yang menilainya, semangat ada penghargaan, maka rasa panas ataupun lainnya tidak menyurutkan semangat untuk tampil. 

Belum lagi nanti malam tirakatan dan disekolah juga ada kegiatan perjusami atau perkemahan jumat, sabtu dan minggu yang digelar oleh pihak sekolah, menambah rasa kangen karena selama pandemi covid kegiatan yang berkerumun tidak diperbolehkan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan