Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Ada Pusat Kuliner di Kabupaten Kota Berdampak Pada Ekonomi Lokal

25 September 2021   10:04 Diperbarui: 25 September 2021   10:13 53 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ada Pusat Kuliner di Kabupaten Kota Berdampak Pada Ekonomi Lokal
Kuliner Masakan di Purbalingga ( Dok Radar Banyumas)

Saat berkunjung ke Kabupaten Purbalingga, hal menarik adalah ada perhatian khusus pada pemberdayaan ekonomi lokal, yakni memfasilitasi ruang publik yang digunakan sebagai pusat kuliner masakan, ada aneka seafood, soto dan bakso, makanan khas daerah, termasuk juga masakan lain yang bisa dijadikan alternatif disaat ada tamu dari luar kota ataupun dalam kota mencari makanan di malam hari. Situasi Pandemi Covid-19 sangat dibatasi, karena setelah jam 10 malam pedagang diharapkan sudah berkemas-kemas untuk menutup usahanya. Sedangkan saat buka sejak mulai 16.00 wib, jika saat normal maka jam buka dan tutup lebih lama sampai dini hari. 

Dampak adanya pusat kuliner tentunya menjadi daya ungkit tersendiri bagi warga, pasalnya dari sisi parkir maka ada pemasukan PAD untuk jasa perparkiran, sedangkan persoalan masalah listrik, pemkab sudah menyediakan fasilitas kemudahan bagi pedagang yang menempati kapling masakan. Kapling ini sudah kontrak dalam beberapa tahun, dan mereka harus menjual masakan atau makanan yang dijual setiap hari tanpa ada hari libur. 

Berbahagialah ketika ada aplikasi google map, ataupun aplikasi mencari referensi makanan dengan cepat dan mudah melalui android, wajar saja jika setiap masakan atau warung kuliner terdeteksi dengan mudah melalui promo di google map, namun jika sebaliknya maka akan jarang pembelinya atau penikmat kuliner yang datang, prinsipnya jika ingin terkenal dan banyak penikmat kuliner datang, maka usaha anda harus memberikan data dengan benar dan akurat datanya, untuk memudahkan seseorang yang ingin menikmati produk yang ditawarkan. 

Bukan hanya di Purbalingga, ternyata di Kabupaten Jepara juga menyediakan fasilitas kuliner yang dibangun oleh Pemkabnya dalam rangka memberikan daya ungkit ekonomi lokal. Semakin terfasilitasi dengan lengkap, maka semakin memudahkan tamu luar kota untuk datang ke lokasi yang dipilih. Sudah saatnya tiap daerah merealisasikan konsep pusat kuliner masakan khas di wilayahnya. 

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan