Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Khataman Al Quran di Akhir Ramadhan

11 Mei 2021   20:39 Diperbarui: 11 Mei 2021   20:50 199 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Khataman Al Quran di Akhir Ramadhan
Dok Supriyanto

Malam ini sejumlah masjid dan musholla yang menyelenggarakan kegiatan tadarus Alquran sedang menghatamkan Alquran. Berbafai pernak pernik yang dilakukan oleh warga dalam menyambut khataman alquran,  namun pada prinsipnya yang mau khataman ada yang memfasilitasi makan bersama dengan ada tambahan buah, kadang ada tambahan lauk pauk yang lengkap, semuanya hanya sebagai sarana untuk memperkuat silaturokhim dan ukhuwah islamiyah.

Malam ini di Masjid Setiabudi Kembangbaru juga menyelenggarakan khataman Alquran, malam ini adalah khataman ke dua baik kalangan Bapak-Bapak, dan Ibu-Ibu hanya terpaut pembacaan Alqurannya, jika Ibu-ibu saat bada subuh sedangkan Kalangan Bapak-Bapak dilakukan di bada sholat teraweh dan witir.

Ada juga yang khataman selama bulan ramadhan antara 3-5 kali, ini dilakukan karena semangat para pembaca alquran dan juga hanv menyimak alquran, semoga yang membaca dan menyimak mendapatkan ganjaran kelak diakhirat dan menjadi golongan ahli quran. 

Saat khataman terakhir, ada nilai gotongroyongnya dimana warga diminta partisipasi sesuai kemampuannya, ada yanv membelikan buah, buat masakan urab, afa juga yang memberikan masakan siap saji, dan ragam minuman juga tersedia. 

Ini dilakukan sebagai simbol nikmat yang luar biasa, karena dari anak-anak, remaja, ibu-ibu dan Bapak-bapak ingin tadarus alquran agar siar islam selalu melekat ke sanubari masyarakat muslim di Indonesia dan ini adalah bentuk doa yang dihaturkan warga agar lingkungan yang dihuni disekitarnya selalu mendapatkan berkah dan manfaat dari bacaan alquran. 

VIDEO PILIHAN