Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Filter Kabin AC Harus Rutin Diganti Biar Nyaman di Dalam Mobil

13 September 2020   15:55 Diperbarui: 13 September 2020   15:57 16 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Filter Kabin AC Harus Rutin Diganti Biar Nyaman di Dalam Mobil
Ganti Filter AC ( Dokpri)

Komponen dalam AC mobil pribadi atau rental adalah Filter Kabin, dimana filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang hendak diisap blower menuju evaporator. 

Hari ini saya mencoba mengganti filter kabin, dengan harapan agar hawa dingin yang masuk dari AC mobil semakin sejuk, sehingga bikin betah saat berkendaraan bersama keluarga.

Bagi anda yang punya kendaraan roda empat, harus teliti untuk merawat AC mobil termasuk bisa merasakan apakah suhu di dalam ruangan mobil tampak panas atau dingin, yang bisa merasakan adalah penumpang, termasuk supir. Kalau kendaraan anda rental, maka harus ada teknisi yang khusus mengecek kendaraan rental mobil anda, sehingga rawatan mobil semakin baik.

Filter AC ( dokpri)
Filter AC ( dokpri)
Namun bagi anda yang punya mobil pribadi, maka sebaiknya rutinlah untuk mengganti filter kabin ini, karena sangat berpengaruh sekali pada kualitas AC yang akan masuk ke dalam ruangan mobil anda, saat filter anda baru, maka akan terasa sekali udara yang masuk di dalam ruangan mobil anda, selain itu tambahan preon di dalam alat AC mobil juga harus di check ke service AC mobil biar kerusakan AC mobil tidak semakin banyak.

Untuk mengganti filter kabin AC tidaklah mahal, kisaran antara Rp. 80ribu hingga Rp. 100 ribu, memang bikin nyaman itu tidak murah sahabat apalagi sekelas anda berada di kendaraan roda empat, kalau tidak suka dengan hawa dingin, ya pakai AC alami sahabat, terkadang juga ada orang yang tidak suka hawa AC mobil malah bikin muntah, namun saat pakai AC alami walaupun mobilnya baru malah tidak muntah.

Filter Mobil AC ( DOk https://www.gridoto.com/)
Filter Mobil AC ( DOk https://www.gridoto.com/)
Biasanya penggantian Filter Kabin mobil itu tergantung dengan pemakaian mobil, semakin rutin dipakai seperti untuk di rental, ya pastinya filter semakin cepat kotor, wajar jika antara satu mobil sering terpakai dengan mobil yang jarang dipakai atau ditaruh dirumah terus ya filter kabinnya tidak harus ganti tiap 2 bulan sekali, bisa saja 6 bulan sekali. 

Namun kalau rutin untuk pekerjaan kantor atau mobilnya untuk mendapatkan income karena di buat untuk rental jarak jauh ya pastinya harus teliti dengan kendaraan anda, biar tidak cepat ganti onderdil dan diusahakan tidak gonta ganti supir karena kerusakan mobil terjadi karena gonta ganti supir mobil dari satu orang ke banyak orang. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x