Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mobil Pun Harus Dirawat, Apalagi Makhluk Hidup

12 September 2020   10:10 Diperbarui: 12 September 2020   10:14 15 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mobil Pun Harus Dirawat, Apalagi Makhluk Hidup
service mekanik perumahan (Dok indoblazer.com)

Service berkala, itu sangat penting agar mobil anda tetap nyaman di jalan, saat kerusakan sedikit segera diperbaiki, jangan menunggu banyak yang rusak. Kalau banyak kerusakan maka isi dompet harus sedikit tebal, kecuali punya langganan service mobil yang rekomended dan kenal kualitas hasilnya. Itupun tetap harus menyediakan sebagaian uang kita untuk membayar perawatan mobil, belum menghitung onderdil atau suku cadang.

Service mobil dua pilihan, pertama di dhealer mobil dimana mereka memproduksi atau merakit suku cadang, dipastikan punya jaringan service termasuk ada suku cadangnya. 

Kedua di jasa service mobil perumahan atau bengkel biasa, bahkan sekarang sudah mulai menjamur jasa service langsung dirumahnya atau dikenal jasa service on call, minimal janjian kapan waktu servicenya dan mobil yanv diperbaiki tidak begitu rusak parah, kalau rusak parah ya dibawa ke rumahnya atau bengkelnya untuk diperbaiki.

Bengkel yang punya nama atau pelanggannya banyak, tentunya akan dijadikan lokasi bagi pelajar sekolah mereka bisa melihat langsung dan  praktek langsung dengan owner atau misalkan dengan anaknya owner termasuk dengan mekanik senior. Ilmunya pasti banyak dan pengalaman praktek di bengkelnya kelak bisa menjadi modal baginya bila melakukan service mobil.

Pastinya akan berbeda harga saat merawat di bengkel pakai komputerisasi dengan pakai model klasikal, namun dengan era canggih sekarang memang semua mobil baru dengan sistem komputerisasi untuk menilai kerusakan secara menyeluruh terutama di dalam mesinnya, namun seiring usia mobil, midalkan sudah lebih dari 6-12 tahun, pastinya kalau service ke mekanik Daihatsu, Toyota, ataupun lainnya akan menghitung biaya yang dikeluarkan, bagi yang punya uang banyak mungkin tidak mempermasalahkan servicd di tempat yang bersertifikat.

Namun bagi yang uangnya terbatas, pastinya akan mencari mekanik yang rekomended misalkan nanya ke orang yang biasa jual beli mobil bekas, maka akan ketemu mekanik yang murah, telaten dan bagus, termasuk tidsk mahal. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x