Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Film Solidaritas Supir Muatan Barang Tanpa Batas

9 Mei 2020   05:26 Diperbarui: 9 Mei 2020   05:24 76 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Film Solidaritas Supir Muatan Barang Tanpa Batas
Dok Atin D

Tak diragukan lagi di dalam perjalanan darat, sering kali menemui kendaraan guling, kendaraan AS nya patah, ada juga yang mogok dijalan Nasional dan Jalan Provinsi, Jalan Kabupaten, bahkan Jalan Tol. 

Berulang saya pun pernah melihat langsung bagaimana solidaritas truck bermuatan barang ini begitu kompak, apalagi saat konvoi, alasan keamanan di jalan raya, dan ragam alasan lain, bahkan beberapa driver truck juga pernah diskusi begitu gayeng. 

Penulis : Mas, kenapa sebagian supir, kalau ada yang mogok kendaraan atau misalkan guling, teman-temannya secara kompak berhenti dan membantunya, solidaritasnya begitu kompak. 

Driver : Begini mas, kita ini kan hidup di jalanan, suatu saat kalau kita membantunya, tanpa pamrih, saat kita mogok, mereka juga akan menolong kita. Bergabung dan mengikat solidaritas jiwa korsa penting mas. Bukan hanya TNI dan Polri yang solid dalam komando, kami para driver truck dari berbagai daerah juga solidaritasnya tinggi, sama- sama mengadu nasib, apalagi kita di jalan raya, yang punya resiko tinggi. 

Penulis : Apa punya komunitas dan group WAG atau FB mas ?

Driver : Punya mas, ada WAG yang digunakan untuk berbagi informasi dan kirim status jika ada bantuan dari para awak supir mas, kita punya jaringan untuk pulau jawa dan sumatera, saat butuh bantuan, mereka akan membantunya baik itu terkait kerusakan mobil, info onderdil, hingga informasi warung makan yang murah dan rekomended. 

Saksikan film solidaritas driver truck. 


Bahkan, ada teman saya di Brebes juga jadi pengurus paguyuban supir truck dimana akan bantu ketika ada kerusakan truck sepanjang jalur Pantura, dari Masuk Pekalongan sampai Cikampek. Mereka akan berbagi informasi kondisi terkini jika ada musibah atau misalkan di tilang dan ragam pernak perniknya, termasuk bantu urus jasa raharja bila terjadi kecelakaan. Iuran anggota sebagai bagian ikatan saja, tapi rasa bersama-sama untuk saling bantu membantu ini yang tak ternilai harganya. Maklum betapa kerasnya perjalanan para supir ini dalam mencari rezeki di perjalanan dengan suka dan duka. 

Dok Atin D
Dok Atin D
Ternyata bukan hanya truck saja yang solidaritasnya tanpa batas, sekelas paguyuban vespa pun sama, tampak terlihat film pendek, bagaimana mereka saling bantu ketika ada masalah di jalan. Komunitas vespa juga unik, dan ragam komunitas motor lainnya yang masing-masing juga ingin berbagi informasi dan bantu antar anggota, baik itu masalah onderdil, maupun informasi vespa jadi mengkilap dan terawat baik, tentunya dikasih jurus jitu lewat praktek yang sudah dilakukan, bahkan bisa merekomendasi bengkel mana yang murah dan bergaransi. 

Saksikan film inspirasi atas solidaritas vespa dibawah ini. 


VIDEO PILIHAN