Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Oli Shockbreaker Motorku Bocor, Ternyata Karet Seal

3 November 2019   09:27 Diperbarui: 3 November 2019   09:35 0 0 0 Mohon Tunggu...
Oli Shockbreaker Motorku Bocor, Ternyata Karet Seal
Service motor dokpri

Curiga di shockbreaker depan kok ada oli yang merembes, wah gawat nih, dalam pikiranku yang ga paham cara memperbaikinya, akhirnya kuputuskan untuk cari service yang buka di hari minggu, maklum jarang ad service sekelas ahas yang buka di hari minggu, rata-rata libur. 

Ketemulah service motor yang kuanggap rekomended, pertama lokasi service luas, ada suku cadang, dan ternyata benar, saat datang ke pihak service, ku tanyakan, mas ini kok keluar oli di shockbreaker depan. Langsung dijawab itu karena usia motornya sudah cukup berumur, karet seal bushing, dan olinya mas. 

"semakin tua usianya maka semakin lemah shockbreaker yang di gunakan di motor. Biasanya kalau sudah olinya bocor diganti as batangan dalam shockbreaker, karet seal bushing, sulingan, dan klep shockbreaker," tutur mekanik yang memperbaiki motorku, dan tidak mau disebutkan namanya. Minggu (3/11/2019).

Pertama yang dilakukan, adalah membongkar beberapa baut di motor depan, lalu totok motor depan di buka satu persatu. Setelah selesai, mulailah baut yang menempel di shockbreaker, karet di shockbreaker di copot dan oli hitam yang ada di shockbreaker di buang. Setelah dibersihkan dengan bersih, satu persatu dipasang kembali dan baut di kembalikan lagi ke posisi semula. 

Pemilik harus merogoh kocek untuk perbaikan bongkar pasang dan membeli oli baru dan karet seal. Berikan sesuatu pada yang ahlinya, pasti akan cepat terselesaikan, karena kebiasan melayani oleh mekanik menjadikan mereka semakin terampil dan cepat dalam memperbaikinya.

Motorku jadi normal kembali, sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik dan tidak terkendala pada transportasi karena sudah nyaman. 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x