Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Lansia yang Tangguh dan Sehat

12 Agustus 2019   17:04 Diperbarui: 19 April 2021   13:33 3296 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lansia yang Tangguh dan Sehat
Ilustrasi lansia. | Doc baliexpress.jawapos.com

Siapapun orangnya, akan mengalami namaya siklus kehidupan manusia yakni dimulai dari masa kandungan yang berada di perut ibunya, setelah ia dikandung selama kurang Iebih 9 bulan. Sewaktu bayi baru saja dilahirkan, dia memiliki organ tubuh yang sama dengan orang dewasa tetapi ukurannya Iebih kecil dan berbeda proporsinya. Semakin bertambah usianya maka akan berubah bentuk dari kecil lalu menjadi besar, tinggi, kadang gemuk ataupun kurus.

Proses kehidupan dimulai sejak janin-bayi- anak-remaja-dewasa dan manula kemudian mati. Proses ini akan dilaluinya oleh semua makhluk yang diciptakan dengan maha sempurna, karena diberikan akal, otak, dan badan yang kokoh dan sehat

Kali ini, penulis dalam pikirannya membayangkan usia manula, dimana setiap usia 40-an sampai 50-an, kebanyakan manusia menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti kulitnya menjadi berkerut-kerut, rambutnya menjadi beruban, matanya mulai rabun, dan  gerakannya menjadi lambat. Panca indra juga mulai berkurang kepekaannya. Tubuh orang lanjut usia sangat rentan terhadap serangan penyakit karena daya tahan tubuhnya menurun.

Jadi sangatlah wajar jika judul diatas penulis mencoba menganalisa bagaimana sih menjadi lansia yang tangguh dan sehat itu.

Istilah lansia (lanjut usia) umumnya digunakan untuk pria dan wanita yang telah berusia lanjut. Berdasarkan pengertian secara umum, seseorang disebut lansia apabila usianya 65 tahun ke atas.

Terdapat batasan-batasan umur yang mencakup batasan umur orang yang masuk dalam kategori lansia, diantaranya adalah 60 tahun (UU No. 13 Tahun 1998) dan 60-74 tahun (WHO).

Lansia adalah suatu keadaan yang ditandai oleh gagalnya seorang dalam mempertahankan kesetimbangan terhadap kesehatan dan kondisi stres fisiologis. Lansia juga berkaitan dengan penurunan daya kemampuan untuk hidup serta peningkatan kepekaan secara individual.

Selain pengertian lansia secara umum diatas, terdapat juga beberapa pengertian lansia menurut para ahli.

Pengertian Lansia Menurut Smith (1999): Lansia terbagi menjadi tiga, yaitu: young old (65-74 tahun); middle old (75-84 tahun); dan old old (lebih dari 85 tahun).

Pengertian Lansia Menurut Setyonegoro: Lansia adalah orang yang berusia lebih dari 65 tahun. Selanjutnya terbagi ke dalam 70-75 tahun (young old); 75-80 tahun (old); dan lebih dari 80 tahun (very old).

Pengertian Lansia Menurut UU No. 13 Tahun 1998: Lansia adalah seseorang yang mencapai usia 60 tahun ke atas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan