Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Bengkel Motor dan Ban Tubles Siaga 24 Jam Jelang Mudik

30 Mei 2019   21:36 Diperbarui: 30 Mei 2019   22:01 0 1 0 Mohon Tunggu...
Bengkel Motor dan Ban Tubles Siaga 24 Jam Jelang Mudik
Doc republika.co.id

Saat mudik lebaran terutama di jalur pantura, biasanya tukang ban mobil atau motor dan bengkel motor harus rela menyiapkan tenaga dan bengkelnya untuk buka 24 jam, ini dilakukan karena dipastikan bisa mendapatkan income berlebih dibandingkan dengan hari biasanya. 

Pemudik ada yang minta tambah angin, tambal bal,bahkan ada yang ganti ban dalem karena sepeda motornya kempes kena paku atau benda tajam yang melekat di dalam ban motornya, jika ditambal dikhawatirkan bocor lagi, maka salah satu solusinya adalah ganti ban dalem untuk memberikan kenyamanan saat mengendarai kendaraanya. 

Saat malam hari pun tukang ban dan service sepeda berani buka, baginya ada kebijakan one way yang dilakukan oleh Pemerintah ini,maka jalur sepanjang pantai utara menjadi ramai kembali, tukang ban dan onderdil kendaraan jadi laris, kalau biasanya hanya puluhan motor saja yang mampir,kali ini saat mudik bisa lebih dari tiga puluh hingga seratus tiap harinya. Tarif pun sedikit dinaikkan dan para pemudik pun paham dengan situasi seperti ini, asal naiknya tidaklah selangit, baginya masih bisa dijangkau untuk membayar jasanya. 

Sementara itu, jelang mudik seperti ini, terlihat di jalur pantura, warung makan musiman, mereka memanfaatkan situasi mudik ini dengan menempati lahan yang kosong, trotoar fasilitas umum, dan ruko di jalur pantura kalau sore sudah tutup dan malam bisa dipakai untuk usaha berdagang. 

Posko kesehatan pun sudah disiapkan di berapa titik di jalur pantura, serta tenaga medis yang stand by sesuai jadwal, dan petugas 119 pun sudah disiagakan untuk mengantisipasi mudik tahun 2019. Mereka memastikan agar perjalanan mudik ini nyaman, lalu lintas lancar dan saat pengemudi kendaraan lelah, ada juga pos mudik untuk tempat santai sejenak sambil menghilangkan rasa kantuk dan lelah.

Beberapa fasilitas masjid pun, ada yang memanfaatkan lahannya untuk tempat parkir dan memanfaatkan MCK untuk menyambut para pemudik yang mau istirahat sejenak, bahkan ada juga yang menyediakan makan dan takjil saat menu buka bersama. Disaat waktu saur pun ada beberapa masjid yang disekitarnya ada penjual makanan dan minuman untuk menu saur. 

Semoga jasa mereka sangat berharga untuk para musyafir atau pemudik lebaran, termasuk semua puskesmas pun buka 24 jam dijalur pantura saat jelang mudik lebaran ini.