Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Masakan Tanpa Sambel Hambar

27 April 2019   13:31 Diperbarui: 27 April 2019   13:51 19 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masakan Tanpa Sambel Hambar
Pecak ikan sambel (doc deskgram.net)

Kalau kita menikmati masakan lalaban dengan sayuran dipastikan ada sambel pedas atau sambel hijau. Sate kambing dan madura pun tak ketinggalan sambel jadi pelengkap hidangan, menu ikan goreng dan ikan bakar tanpa ada sambel hambar rasanya, wajar saja jika orang padang dan aceh kalau makan tidak ada sambelnya maka rasanya kurang nikmat. 

Makan bakso juga ada sambelnya, baik itu sambel caos dan sambel yang sudah digerus atau di blender, wajar jika orang Indonesia kalau makan bakso tanpa sambel rasanya kurang nikmat. 

Tren baru untuk para pemburu kuliner dikota besar, salah satu sambal yang paling diburu pecinta kuliner di Jakarta adalah Sambal Matah khas Bali. Sambal ini disajikan semi mentah dan tidak dihaluskan.

Biasanya terdiri dari irisan bawang, serai, perasan jeruk nipis, dan siraman minyak kelapa. Ini cocok banget dipadukan dengan segala jenis lauk apapun. Jadi nggak heran belakangan ini makin banyak aja restoran yang berinovasi menciptakan menu dengan olahan sambal matah.

Namun, sangat berbeda bagi orang Brebes yang hobi kuliner seafood, maka pesanan seafood yang dicari adalah lamongan dan seafood bernomor sebagai identitas atau ciri khusus biasanya pemiliknya menyediakan sambel khusus yang sudah disiapkan, nambah sambel tidak bayar, karena bayarnya adalah lauk pauknya. 

Orang Brebes kalau makan sayur asem direstoran atau warung makan dan prasmanan dipastikan menyediakan pecak ikan dengan  sambel lombok besar dengan tambahan kecambah atau timun. Saat sambel bercampur dengan sayur asem maka akan terlihat merah original, maklum sambelnya langsung terurai dengan nasi dan sayuran. Ada sambel pedas terasa mak nyus dan keringatpun gemrojos tandanya mereka menikmatinya. 

Namun kalau anda mau menikmati sambel balado dengan sambel ijo bisa dirasakan di kuliner sambel layah, walaupun pakai tempat kecil, tapi rasa sambelnya terasa bikin lidah jadi ingin segera minum es teh manis, maklum pedesnya tidak kepalang. 

Namun kalau anda mengalami sakit lambung atau misalnya akan diare atau mencret bila konsumsi sambel maka hindari saja sambel, lebih baik sehat daripada nanti BAB terus akibatnya lemas badannya. 

VIDEO PILIHAN