Mohon tunggu...
Gunawan S. Pati
Gunawan S. Pati Mohon Tunggu... Dosen - dosen

Penikmat buku dan pengamat pendidikan dan sosial.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Ayo Manfaatkan Internet Seoptimal Mungkin!

5 Agustus 2021   14:34 Diperbarui: 5 Agustus 2021   18:44 117 39 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ayo Manfaatkan Internet Seoptimal Mungkin!
(Sumber ilustrasi:Freepik)

Keinginan  berlangganan internet berawal dari rasa ingin tahu manfaat internet untuk pendidikan karena saya bekerja di bidang pendidikan. Berdomisili di kota kabupaten memang tidak mudah pada awal-awal tahun 2000-an  untuk dapat berlangganan telepon kabel apalagi internet masih sangat sulit. 

Untuk bisa berkomunikasi lewat telepon ya harus pergi ke warung telekomunikasi (wartel) yang pada saat itu tumbuh seperti jamur di musim hujan. Akhirnya saya bisa juga dapat jaringan telepon via tower antenna dekat rumah yang dikelola oleh penyedia jasa telepon plat merah pembagiannya lewat rukun tetangga (RT). 

Ternyata telepon yang menggunakan antenna tidak sebaik telepon kabel, sering ada gangguan terutama ketika hujan deras.Maklum telepon lewat udara.  Telepon via antenna gangguannya  suaranya tidak jernih tiba-tiba mati, jika jaringan mati perbaikannya memerlukan waktu lama.

Akibat sering ada gangguan sinyal telepon yang menggunakan antena akhirnya dihentikan oleh pengelolanya. Selang beberapa tahun baru ada penawaran jaringan telepon kabel, itu pun harus diundi lewat RT karena peminatnya banyak tetapi jatahnya terbatas. 

Meskipun sudah berlangganan jaringan telepon kabel jaringan internet belum bisa masuk ke setiap rumah yang memiliki jaringan telepon. Jika ingin menggunakan jaringan internet saya biasanya pergi ke warung internet (warnet) untuk kirim email atau buka website mencari informasi yang diperlukan. 

Saat itu Yahoo group yang paling terkenal karena kita bisa kirim email lewat Yahoo maupun baca berita di yahoo news. Sayangnya saat ini  yahoo group tidak seperti dulu, Yahoo news  sudah tidak bisa diakses hanya email Yahoo masih bisa digunakan.  

Pada waktu tahun 2006 provider pemerintah menawarkan jaringan internet bagi pelanggan telepon kabel, karena saya butuh sekali akhirnya berlangganan jaringan internet daripada harus ke warnet jika akan kirim email. Jaringan internet ini informasinya berbasis asymmetric digital subscriber line (ADSL) dan gigabit passive optical network (GPON) kecepatannya cukup lumayan dan membantu tugas-tugas kedinasan dan juga tugas mengajar. 

Dengan jaringan ini saya bisa menggunakan telepon dan internet, malah untuk menelpon lokal gratis kecuali interlokal. Setelah beberapa tahun  menggunakan jaringan provider ini dengan semboyan true broadband, akhirnya ditawari juga untuk migrasi internet yang menggunakan fiber optik yang promonya internet cepat tanpa batas. Saya hanya mengguanakan jaringan internet saja karena jaringan TV sudah terlanjur pakai parabola dan jaringan telepon kabel jarang dipakai. 

Meskipun sudah berlangganan internet tentunya hanya diguanakan di sekitar rumah saja jika saya pergi dan perlu internet ya pakai handphone dengan membeli paket pulsa internet, paling beli 1 GB sudah cukup untuk 1 bulan seharga Rp 25.000.  Langganan internet provider plat merah yang telah menggunakan fiber optik Rp 283.500 tiap bulan sebelumnya pakai Spdy  yang jaringannya pakai kabel tembaga Rp 215.000. 

Dulu pakai Spdy sering lemot apalagi jika untuk mengunduh yang agak berat sedikit harus sabar, maklum kecepatannya di bawah 5 Mega  bit per second (Mbps), setelah migrasi kecepatan internetnya cukup cepat jadi lancar jaya sebab 20 Mbps. Dengan biaya langganan Rp 283.500 sudah untuk 1 keluarga bisa pakai laptop maupun handphone karena sudah dilengkapi Wifi di rumah.

Memanfaatkan internet untuk eduaksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan