Mohon tunggu...
Gunawan S. Pati
Gunawan S. Pati Mohon Tunggu... Dosen - dosen

Penikmat buku dan pengamat pendidikan dan sosial.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Belajar Bahasa Inggris di Era Internet Lebih Mudah, kok Bisa? Ini Rahasianya

4 Juni 2021   17:35 Diperbarui: 4 Juni 2021   17:51 207 34 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Bahasa Inggris di Era Internet Lebih Mudah, kok Bisa? Ini Rahasianya
Ilustrasi belajar bahasa Inggris (Sumber: iStock photo)

Dibanding ketika saya kuliah jurusan bahasa Inggris tahun 1980 jauh berbeda, sekarang di era internet belajar bahasa Inggris lebih mudah dan menyenangkan. 

Zaman dulu media pembelajaran untuk membantu belajar bahasa Inggris paling ya laboratorium bahasa untuk melatih listening (mendengarkan) dan speaking (percakapan). Namun demikian hasilnya tidak mengecewakan meskipun media pembelajaran sangat terbatas modalnya hanya semangat belajar. Modal semangat belajar tercermin dari kuliah dengan sungguh-sungguh dan disiplin serta aktif mengikuti kelompok-kelompok diskusi yang ada pada saat itu.

Saat ini belajar bahasa Inggris bisa dilakukan lewat internet, Dalam bahasa Inggris ada yang namanya keterampilan berbahasa (language skills) yaitu mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing), dan ada juga komponen bahasa yaitu kosa kata (vocabulary), tata bahasa (grammar) dan pengucapan (pronunciation) semua ini ada di internet. 

Kemajuan teknologi khususnya internet bisa kita gunakan sebagai sumber belajar dan media pembelajaran. Namun demikian jika kita tidak tahu manfaat internet untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris akan rugi. 

Dengan internet kita bisa memilih cara belajar sesuai dengan selera kita belajar, ada yang senang belajar dengan mendengarkan (auditori), ada yang senang menonton dan mendengarkan (audio visual) dan ada juga yang langsung praktik (kinestetik). Ini rahasia memanfaatkan internet agar kita bisa belajar secara optimal.

1. Manfaatkan video Youtube untuk melatih pendengaran dan percakapan.

Kata pembelajar bahasa Inggris mendengarkan (listening) dan percakapan (speaking) merupakan keterampilan berbasa yang cukup sulit. Jika kita mendengarkan percakapan orang berbahasa Inggris (native speakers) seolah-olah tidak ada jedanya dan terlalu cepat membuat kita kesulitan menangkap makna yang diucapkan. Demikian pula dalam berbicara kita juga sering mengalami kesulitan karena ujaran yang kita ucapakan masih seperti Inggris Indonesia.  

Meskipun dalam youtube kita belajar bahasa Inggris sebagai pembelajar pasif karena hanya mendengarkan dan menonton. Ada hal-hal yang bermanfaat dalam menggunakan youtube di antaranya. 

Pertama, kita dapat memilih video sesuai dengan level bahasa Inggris kita seperti pemula (beginner), menengah (intermediate) atau tinggi (advanced). Kedua, biasanya tingkat pemula percakapan dilengkapi dengan text yang memudahkan pembelajar memahami dialog dalam video tersebut. 

Pada tingkat yang lebih tinggi text tidak diperlukan sehingga pembelajar perlu mendengarkan  dan menonton dengan serius. Meski sebagai pembelajar pasif, dialog tersebut mengajarkan bagaimana penggunaan bahasa Inggris pada tempat dan situasi tertentu, seperti dialog di kantor, hotel, pertemuan informal dan lain-lain.

2. Manfaatkan sumber belajar sebagai bahan bacaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN