Mohon tunggu...
Paulus Tukan
Paulus Tukan Mohon Tunggu... Guru dan Pemerhati Pendidikan

Mengajar di SMA dan SMK Fransiskus 1 Jakarta Timur; Penulis buku pelajaran Bahasa Indonesia "Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMA", Yudhistira.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

7 Kiat bagi Siswa dalam Menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2021

25 Mei 2021   19:00 Diperbarui: 26 Mei 2021   08:42 713 34 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Kiat bagi Siswa dalam Menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2021
Ilustrasi ujian. (Foto: KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)

Sesuai dengan Kalender Pendidikan Nasional 2020/2021, Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau ujian kenaikan kelas berlangsung tanggal 14 sampai dengan tanggal 17 Juni 2021. 

Bentuk tes yang diterapkan  dalam penilaian ini pun sudah tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease (Civud-19). Sekolah  boleh memilih 4 bentuk tes yang sesuai dengan kondisinya. Apakah menggunakan portofolio, penugasan, tes daring, dan kegiatan penilaian lainnya. 

Meskipun secara nasional PAT dijadwalkan akan berlangsung tanggal 14 hingga 17 Juni 2021, ada sekolah sudah memulainya, khususnya yang menggunakan bentuk tes daring. Bentuk tes yang memakan waktu kurang lebih satu minggu.

Tentu kamu berharap mendapatkan nilai yang bagus; mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), bukan? Tak hanya sampai di situ. Harapan utama kamu adalah naik kelas. Namun, harapan tanpa usaha adalah sia-sia. 

Nah, untuk meraih harapan tersebut, berikut kiat-kiat yang bisa membantu kamu dalam mengikuti PAT tahun ini.

Pertama, pahami bentuk tes. Umumnya sekolah atau guru mengumumkan bentuk tes yang akan dipakai dalam PAT. Ada sekolah yang menyeragamkan bentuk tes, ada juga menyerahkan bentuk tesnya kepada guru mata pelajaran. 

Jika bentuk tesnya portofolio atau penugasan, jangan sungkan untuk bertanya kepada guru bila ada suruhan atau petunjuk yang belum kamu pahami. Begitu juga menyangkut kelengkapan portofolio. 

Tanyakan kepada guru jenis portofolio kamu, misalnya karya tulis, hasil kerja praktik, atau tugas-tugas pada kompetensi dasar tertentu yang belum lengkap, atau perlu perbaikan.

Ilustrasi belajar (pendidikankarakter.com)
Ilustrasi belajar (pendidikankarakter.com)

Bila tesnya dilakukan secara daring, pahami dan ikuti petunjuk pelaksanaannya. Beberapa petunjuk yang perlu kamu perhatikan.

  1. pengisian daftar hadir pada link yang disediakan.

  2. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    VIDEO PILIHAN