Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Hatta Rajasa Masuk Kabinet, Fenomena Luar Biasa, Politik Jokowi Jempolan

29 September 2021   08:24 Diperbarui: 29 September 2021   08:52 1682 15 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Hatta Rajasa Masuk Kabinet, Fenomena Baru, Politik Jokowi Jempolan

PAN menyatakan diri bergabung pada koalisi yang mendukung pemerintah. Khas PAN, sejak dulu juga begitu. Pada saat yang berdekatan Panglima TNI juga memasuki usia pensiun. Pastinya ini masuk dalam kalkulasi PAN sebelum menyatakan bergabung.

Efek domino dari purnanya sang panglima, adalah kabinet sangat mungkin perlu penyegaran. Pergantian, pergeseran, dan tentu saja susah kalau mau menambah. Nah, tidak akan mungkin mengorbankan salah satu anggota dari partai politik untuk itu. Satu kursi PAN, akan sangat mungkin adalah dari pihak yang bukan partai. Teknokrat  atau profesional posisi sangat rentan.

Suka atau tidak, ini adalah demokrasi, yang masih taraf belajar. Wajar kalau yang ideal masih terlalu jauh. Perlu diingat, sepanjang di dunia mana ada yang ideal, apalagi ala bangsa ini yang masih seperti ini. Harapan saja yang perlu dijadikan pedoman, bahwa hari esok akan lebih baik. Kondisi hari ini tetap harus dijalani dan dilewati.

PAN tentu sudah pasti menyodorkan nama-nama untuk masuk kabinet. Satu slot sudah lebih dari cukup, sebagaimana periode lalu. Ada nama Hatta Rajasa, ketum PAN Zulkifli Hasan, Sutrisno Bachir, dan menurut pengamat demikian. Wajar,  kalkulasi politik oposan sangat riskan.  Toh mereka juga semua paham, bagaimana kaki mereka berpijak saat isu-isu strategis.

Hitung-hitungannya sih tidak penting juga keberadaan PAN. Toh atas nama demi stabilitas politik, apapun ditempuh demi keadaan tenang tenteram tidak banyak ribet dan ribut yang tidak bermanfaat.

Nama-nama itu layak, secara rekam jejak dan kapasitas. Jangan bicara capaian. Karena toh sudah juga teruji dalam banyak kesempatan tidak memberikan dampak dan perubahan. Hanya nama gede tanpa capaian yang sepadan.

Hatta Rajasa

Sangat menarik dan bagus jika Presiden Jokowi melirik nama ini masuk kabinetnya. Mengapa? Hatta Rajasa ini adalah bensa SBY juga, jadi ada kaki PAN dan, Demokrat meskipun tidak secara langsung. Toh tidak akan juga SBY lebih tenang karena fokusnya AHY, bukan yang lain.

Beberapa hal yang menarik jika Hatta Rajasa masuk kabinet,

Semua rival Jokowi dalam pilpres ada dalam satu gerbong. Prabowo jelas pesainhg utama kini bersama-sama dalam kementrian. Bagus, keadaan menjadi jauh lebih tenang. Menyusul Sandi, sang cawapres pasangan Prabowo. Lebih bagus lagi, sekat persaingan dalam pilpres itu hal yang biasa, kinerja demi bangsa itu utama. Nah, jika Hatta Rajasa juga masuk, lebih keren lagi. Pasangan Prabowo pada masa pemilihan periode lalu menyusul.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan