Patrisius Martinus

Amateur teacher

Banyuwangi Sejuta Pesona

25 Oktober 2015   22:47 Diperbarui: 25 Oktober 2015   23:56 195

kira-kira sebulan yang lalu saya melakukan trip kecil-kecilan kebanyuwangi.Saya berangkat dari stasiun purwosari (solo) menuju stasiun karang asem (banyuwangi) bersama teman ngetrip saya dari jogja.Perjalanan ditempuh selama 12 jam dengan kereta api ekonomi sri tanjung seharga 100.000 kebetulan yang ada hanya kereta api itu.Tepat pukul 20.00 tiba distasiun karang asem banyuwangi.Sebelumnya saya sudah menghubungi seorang pemilik rumah singga khusus bacpacker namanya mas rahmat.Dari stasiun hanya menyebrang jalan kaki menuju rumah singgah.Disana langsung disambut dengan senyum ramah dan sapaan yang luar biasa .Disana kami ditawari kamar atau ruang tamu.Kami memilih ruang tamu agar lebih leluasa.

Kami pun mulai beristrhat sejenak untuk menghilangkan lelah seharian di kereta api.Dan lapar pun mulai datang kami bergegas mencari makan.Stelah kenyang kami mencari penyewaan motor karena hari pertama kami akan melihat blue fire di kawah ijen.Mas rahmat memberikan kunci motor sewaan dengan harga 75.000/ hari dengan deposit 300.000.

Tepat pukul 00.00 kami memulai mengeksplore pesona banyuwangi.Dari rusing ke paltuding ditempuh kurang lebih 2 jam dengan dingin yang menembus sampai ketulang bersama dengan rombongan lain.Setelah tiba diplatuding kami segera membeli tiket dan asuransi agar perjalanan aman.Tepat pukul 02.00 kami memulai perjalanan dari platuding ke kawah ijen.Ratusan wisatawan lokan dan mancanegara pu memulai perjalanan saat itu.Track yang lumayan susah  dengan adanya debu yang luar biasa menyumbat pernapasan.Pukul 05.00 tiba dikawah ijen , rack dari bibir menuju kawah lumayan ngetrack ditambah dengan asap belerang yang menyengat, disini pula banyak penyewaan masker ,lebih baiknya bawah masker sendir.Tiba dikawah ijen sudah banyak yang mengerumni blue fire dan para penambang belerang menyabut semangat pagi kami dengan luar biasa.

Setelah puas dengan blue fire yang menakjubakn kami kembali ke bibir kawah , dan ini track yang susah karena medan yang curam.Setelah sampai diatas bibir kami mulai jepret2, sambil menunggu kawah ijen terlihat .Tapi sayangnya saat itu cuaca tidak mendukung dan kami hanya dapat

Setelah puas kami kembali turun keplatuding, disepanjang jalan para pendaki masih banyak yang berdatangan.Kami kembali kerusing dan langsung istrhat.Kira-kira pukul 11.00 kami mulai masak dengan logistik yang kami bawah.Stamina pun sudah muai joss lagi.Pukul 14.00 kami melanjutkan perjalan ke Taman nasioanal baluran , yang mirip savana diafrica :D. kami berangkat bersama anak kece jakarta yang dipertumakan oleh rusing.Pukul 16.00 tiba dibaluran bermodalkan GPS.sepanjang perjalanan kita akan banyak disuguhi lansdcape yang wow.Pada saat masuk baluran bakalan banyak ditemui satwa yang dilindungi burung merak , ayam kate ratusan monyet yang siap membongkar daily pack para kaum pejalan.

Tiba dibekol bakalan disapa pohon kehidupan yang nghehits dikalangan igers.wajib untuk foto dipohon ini

[caption caption="pohon ngehits kalangan igers :D"]

[/caption]

Bakalan ada juga tanduk2 yang menjadi ucapan selamat datang di bekol

Dari bekol kita bisa tembus ke pantai bama , masih dalam lingkup baluran, perjalanan ditempuh 8 menitan.suasana senja menyambut dengan ketenangan panatai bama, tersirat suasana kedamaian.

Setelah puas mengexplore baluran, kami kembali kerumah singgah dan tidak lupa kami menayari makanan khas banyuwangi untuk mkan malam.Sampai drusing kami langsung tepar agar stamina pulih untuk mengeksplore pesona banyuwangi keesokan harinya.

Tepat pukul 08.00 kami mulai mengexplore dihari terakhir dikota seribu pesona ini.Kami menuju rumah penangkaran hiu brangsir.Jarak tempuh 2 JAM dari rumah singga.Disini pula kita bisa menyebrang ke tabuhan , dan menjangan.tapi kami hanya snorkling bersma shark