Mohon tunggu...
Pascalis PeWe
Pascalis PeWe Mohon Tunggu... wirausaha sejak usia 37 th

Jangan takut memulai usaha, yang kamu takutkan justru ketika kamu terlambat memulainya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hot Luar Dalam Lebihi NM

21 Desember 2015   16:01 Diperbarui: 21 Desember 2015   18:34 145 0 0 Mohon Tunggu...

Siapa bilang AA atau NM paling hot. Mmmm...bagi pekerja glasshouse Tomat seperti saya ada yang lebih hot dari mereka. Hot tak hanya di dalam tapi di luar juga bahkan bikin keringat bercucuran hingga dehidrasi. Apa itu?

"Kerja di glasshouse pas summer". Hahaha.... Pasti dijamin hot mengalahkan semuanya. 

Summer di Ostrali akhir tahun ini memang luar biasa hot. Suhu udara bisa diatas 38℃ selama seminggu. Hadeww...tahun lalu cuma sehari dua hari saja lalu hari ketiga suhu udara turun hingga dibawah 20℃. Atau kadang langit cerah, matahari terik tapi udara dingin....asoy.

Lha tahun ini kayaknya tahun paling hot bagi saya selama tinggal di adelaide. Apalagi kerja di dalam glasshouse tomat di negeri subtropis kayak Ostrali. Ini terjadi karena mereka mengontrol suhu udara di dalam glasshouse konstan sekitas 30an ℃. So bagi yang tugasnya merawat tanaman kayak saya ya kerasa banget panasnya. Palagi saya kerjanya diatas tanaman. Perlu diketahui bahwa tomat di glasshouse tempat saya bekerja adalah tomat hasil rekayasa genetik ya. Tanamanya menjalar lebih dari 10m dan berusia setahun. Tanamannya diikat keatas sekitat lima meteran gitu. So dengan teknologi glasshouse modern sayapun menggunakan alat yang mengangkat badan saya lebih tinggi dari tanaman dan otomatis dekat dengan atap deh....yang semuanya kaca.

Btw, klo bagi pemetik tomat yang bekerja di bawah tanaman tentu tidak merasakan panas. Ini terjadi karena ada pendingin yang dihidupkan ketika suhu di dalam glasshouse naik. Namun tahun ini tak hanya perawat tanaman, pemetik pun merasakan panas luar biasa. Ternyata suhu luar glasshouse di atas 40℃ tak mampu didinginkan oleh pendingin glasshouse. Hasilnya picker tomat pun berkeringat luar biasa.

[caption caption="cold bandana"]
[/caption] Tenang, kerja di glasshouse modern selalu mengandalkan safety work. Kami dibekali dengan berbagai peralatan yang membuat pekerja aman dan selamat termasuk dari ancaman panas cuaca. Salah satunya ini...BANDANA. 

Bandana ini luar biasa keren karena bisa membuat perasaan kami dingin. Padahal bentuknya kayak bandana yang dipakai para cowboy. Berbahan kain dan diikat di leher sehingga melindungi tengkuk. Ternyata bandana ini menyimpan kristal di dalamnya. Dalam instruksinya bandana ini harus direndam dalam air dingin selama 30menit. Benar, setelah 30menit kristal batu ini berubah menjadi gel yang menyimpan hawa dingin selama beberapa saat. Nah hawa dingin inilah yang mendinginkan tengkuk. Perasaan pun jadi enak.

Pernah kejadian listrik mati. Otomatis mesin pendingin, kipas angin mari dan jendela tertutup. Bisa dibayangin kan bagaimana panasnya. Suhu luar diatas 38℃ suhu dalam bisa lebih dari 40℃. Kejadian ini terjadi lebih dari 30menit. Di bawah tanaman suhu makin panas bahkan tak sedikit yang susah bernafas. Sementara diatas tanaman makin terik matahari...bandapun tak bisa mengatasi. Ya mo gak mau demi safety semua pekerja dihentikan sampai listrik nyala. 

 

Luar biasa memang resikonya. Ini mah lebih hot dari apapun...termasuk AA dan NM.

VIDEO PILIHAN