Mohon tunggu...
Panusunan Lubis
Panusunan Lubis Mohon Tunggu... Adventurer

Mari Berbagi.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Era Mesin Sudah Dimulai

6 Oktober 2020   22:14 Diperbarui: 15 Oktober 2020   13:14 73 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Era Mesin Sudah Dimulai
Ketika di Dayton Melihat Kemajuan Amerika Serikat

[Panusunan Lubis :: Amerika Serikat, 6 Oktober 2020]

Penulis sedang kuliah Master of Information Systems Managements di Amerika Serikat sekarang.

Youtube

 Instagram


Futuristik seperti di film-film itu, sekaligus mengkhawatirkan melihat mobil-mobil berseliweran di jalanan tanpa manusia di  dalamnya karena semua digerakkan oleh mesin. Negara bagian California, Amerika Serikat sudah mulai memproduksi mobil-mobil canggih tersebut. State ini memang selalu terdepan dalam bidang teknologi digital. 

Seolah tidak pernah habis-habisnya inovasi dari state yang menyumbang sepertujuh dari GDP Amerika Serikat ini. Tak ayal lagi, mungkin mobil-mobil kosong bakal menghiasi kota-kota besar di tahun 2030-an nanti. Karena untuk produksi besar-besaran tentunya harus melalui berbagai penyempurnaan. Teknologi seperti ini memang harus hati-hati, tidak boleh gegabah.

Dari sisi pembaruan, mobil self-driving (mobil tanpa sopir) mungkin akan membuat lompatan teknologi dan produksi data di awal abad 21 ini. Ada Tesla dengan Model 3, Google dengan merek Waymo, General Motors dengan Cruise-nya. Asal tahu aja, mobil tanpa awak ini mampu memproduksi data sebanyak 5.000 Gigabyte perjam. 

Itu setara dengan 50 kali memori handphone kita yang 100 GB itu. Itu baru 1 jam penggunaan mobil ini, bayangkan kalo penggunaannya 24 jam dan mobilnya ada jutaan. Kira-kira berapa data yang dihasilkan? Huge...huge..huge Data! Mungkin Yottabyte (YB) aja kalah, padahal 1 YB = 1.000.000.000.000.000 GB.  

Mobil ini seperti super komputer berjalan yang mampu menganalisa data dengan super cepat. Mungkin era Analytics 4.0 seperti yang disebut oleh Thomas H. Davenport akan dimulai dengan hadirnya mobil-mobil tanpa sopir ini. Jika mobil ini sukses di pasaran, maka Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dan Network Automation (otomasi jaringan)  yang akan menguasai kehidupan keseharian kita nantinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x