Mohon tunggu...
Gabriel Pandu
Gabriel Pandu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Aku tampan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Berlaku Bijak Saat Menggunakan Media Sosial

9 Agustus 2022   17:45 Diperbarui: 9 Agustus 2022   18:01 60 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berlaku Bijak Saat Menggunakan Media Sosial 

Sosial media adalah perantara kita dengan dunia sosial itu adalah fungsi dari sosial media dimana kita bisa melihat apa yang terjadi di dunia sosial tanpa harus melihat langsung ke tampat kejadian,media sosial banyak macamnya mulai dari informasi hingga hiburan serta edukasi.

YouTube,instagram,tik-tok,whatsapp,line,dan snap chat itu adalah beberapa contoh sosial media yang sehari-hari mungkin kita gunakan atau kita aplikasikan. 

Dalam sosial media kita bisa membagikan pesan,video,dan apapun yang kita temukan di dalam dunia maya maka dari itu informasi sangat menyebar dengan cepat karena adanya sosial media dan pertukaran informasi pun tidak bisa dihindari saat kita menemukan info yang menarik saat itu juga kita bisa membagikan informasi tersebut kepada siapapun yang memiliki sosial media.

Sosial media memiliki dampak positif yang sangat banyak namun ada juga dampak negatif sosial media antara lain berita hoax,bullying,penipuan,dll. Maka dari itu sosialisasi bijak dalam menggunakan media sosial sangatlah penting dalam hal mencegah kejadian yang tidak di inginkan saat kita menggunakan sosial media. 

Terutama dalam hal hoax karena hoax atau berita yang belum tentu benar kejelasannya sangatlah berbahaya jika berota tersbut sudah menyebar dan tidak sesuai dengan yang diberitakan akan merugikan seseorang. 

Bullying atau perundungan juga sering terjadi nulai dari fisik,materi,hingga merendahkan orang lain saat menggunakan media sosial kadang kita tidak tahu siapa yang menggunakan sosial media tersebut karena ada beberapa fitur dimana kita bisa menyembunyikan identitas kita.

Kemudian ada penipuan yang sering terjadi dalam media sosial adalah undian berhadiah dimana kita di iming-imingi hadiah dan kita harus membayar uang terlebih dahulu untuk memperoleh hadiah. 

Sosialisasi di lakukan kepada anak-anak hingga remaja karena mayoritas adalah usia mereka yang sangat aktif menggunakan media sosial meskipun orang dewasa juga menggunkan media sosial namun jumlahnya tidak lebih banyak dari anak-anak dan remaja,sosialisasi dilakukan di RW.08 Kelurahan Antapani Tengah. 

Menjelaskan bagaimana kita menggunakan media sosial dengan bijak karena akibatnya sangat berbahaya saat kita tidak menggunakan sosial media dengan bijak. Karena ada pasal hukum yang mengatur tindakan kita saat menggunakan media sosial UU ITE. 

Tindakan penipuan yang dialami biasanya ada seseorang yang menghubungi hanya saja mengaku sebagai kerabat atau bahkan sebagai orang tua dan disitulah orang menipu bahwa ada musibah yang menimpa kerabat korban yang akan menjadi target penipuan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan