Mohon tunggu...
triyandi palupi
triyandi palupi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Self Healing, Yuk! Penting Loh...

16 Maret 2021   16:18 Diperbarui: 16 Maret 2021   16:27 265 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Self Healing, Yuk! Penting Loh...
www.blogevent.ro

Menyembuhkan diri sendiri atau biasa  kita kenal dengan sebutan self healing. Apakah kamu tahu tentang apa itu self healing? Atau jangan-jangan kamu tidak pernah mendengar kata ini? Atau mungkin kamu sudah melakukan kegiatan tersebut?  Dari pada bertele-tele, lebih baik kita mengenal dahulu apa itu self healing.

Dalam hidup setiap manusia, pasti memiliki pasang surut atau biasa dikenal dengan masa naik turunnya. Masa bahagia, masa bersedih lalu bahagia dan juga bersedih lagi, ialah suatu hal yang wajar bukan? Namun tidak semua orang kuat dan selalu bisa melewati semua masa tersebut. Karena masa-masa tersebut juga bukan hal yang mudah untuk dilewati, terutama yakni masa dikala kita bersedih, berduka dan masa-masa tersulit.

Mungkin kamu pernah mendengar pepatah bahwa, "semua pasti berlalu, seiring berjalannya waktu". Bagaimana, apakah kamu percaya dengan pepatah tersebut atau kamu menyangkalnya?

Mungkin ada benarnya, bahwa semua pasti akan berlalu dengan berjalannya waktu, namun ketika kita melewati masa-masa sulit bukan hal yang mudah menunggu waktu untuk cepat berlalu agar masalah tersebut usai, karena ketika masa sulit tersebut datang, keadaan terasa sangat kacau dan segala sesuatu tidak berjalan dengan mudah dan lancer, sehingga waktu berjalan terasa akan sangat lama. Ditambah lagi, ketika keadaan yang dihadapi makin rumit tidak menutup kemungkinan beberapa kejadian terburuk dihidup akan membekas di memori.

Memori mengenai kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan berbeda dengan kejadian yang menyenangkan, di mana hal tersebut bukan untuk dikenang, melainkan untuk menerimanya sebagai bagian dari masa lalu. Namun, bagi setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menyelesaikan hal tersebut dan menerimanya sebagai masa lalu, lagi pula tak sedikit sebagian orang memilih untuk tidak menyelesaikannya sehingga terpendam dan menjadi trauma tersendiri bagi dirinya.

Mudahnya begini, kamu pasti memiliki luka batin yang mendalam, entah mungkin itu patah hati, gagal dalam usaha, pekerjaan, ataupun luka batin yang didapat dari lingkungan pertemanan, persahabatan hingga keluarga dimasa lalu. 

Kamu pasti bersusah payah hingga ke titik ini untuk melewati semua masa sulit itu bukan? Namun, apakah kamu telah berdamai dengan luka batinmu itu, atau dibiarkan membekas saja. Mudah saja mengetahuinya, apabila saat ini ketika kamu mengingat kembali akan merasakan sakit hati, ataupun emosi akan hal tersebut , namun jika iya, yuk mulai self healing!

Self healing itu apa?

Self healing sering diartikan dengan proses penyembuhan diri sendiri, dan hal ini dapat dilakukan tak terkecuali siapapun di dunia. Self healing sendiri merupakan proses penyembuhan untuk diri sendiri dari luka batin yang ia alam, hingga luka yang dalam jangka waktu yang lama terus membekas dan mengganggu emosionalnya, lalu menjadi sebuah trauma tersendiri. Melakukan self healing itu hanya butuh kekuatan dalam diri sendiri, bukan bantuan orang lain maupun obat dan yang lain sebagainya.

Penerapan self healing ini memang tidak mudah dan yang pasti membutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena luka batin setiap orang berbeda-beda, apalagi jika apa yang terjadi adalah sesuatu yang sangat menyakitkan. Namun yang perlu diingat, self healing bukan sesuatu yang cepat dan instan, hal ini harus melewati proses dan menikmati proses tersebut ialah kunci dari suksesnya self healing ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x