Mohon tunggu...
Damsir
Damsir Mohon Tunggu... Penegak hukum

Tetap menjaga kepercayaan Publik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Indahnya Kebersamaan Polri dengan Masyarakat melalui Kerja Gotong Royong

11 Mei 2019   00:03 Diperbarui: 11 Mei 2019   00:18 110 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indahnya Kebersamaan Polri dengan Masyarakat melalui Kerja Gotong Royong
(dok. pribadi) Petugas Polri bersama masyarakat secara bergotong royong membersihkan bekas longsor dengan peralatan manual

Kemitraan yang dibangun Kepolisian sektor palolo (polsek palolo) dengan masyarakatnya, mendapat apresiasi yang sangat luas dari seluruh pengguna jalan trans Palu-Napu, yang sedang menunggu selesainya pengerjaan sisa-sisa longsor yang menutupi Jalur utama  Palolo menuju ke kota Palu sulawesi tengah pada jumat pagi ( 10/05 /2019). Tepatnya jalur Ranoromba desa Sigimpu kec palolo kab sigi.

Dengan menggunakan alat-alat manual, petugas polisi bersama masyarakat bekerja secara bergotong royong membersihkan material-material longsor yang menutup seluruh badan jalan  sekitar 10 meteran, kemudian batang pohon yang ikut jatuh dari atas tebing dipotong dengan menggunakan gergaji mesin.

(dok. pribadi) Nampak Material longsor yang menutup badan jalan trans palu-Napu sebelum dibersihkan
(dok. pribadi) Nampak Material longsor yang menutup badan jalan trans palu-Napu sebelum dibersihkan

Respon cepat yang dilakukan oleh Petugas Polsek palolo yang dipimpin langsung Kapolseknya Iptu J. Sagala, S.sos dengan melibatkan masyarakat dalam mengatasi longsor yang terjadi secara tiba-tiba ini, membuat pengguna jalan merasa puas atas tindakan cepat yang dilakukan oleh Polsek palolo dan masyarakat, sehingga pengguna jalan secara sepontan memberikan tanggapannya bahwa semua ini dapat berhasil akibat adanya hubungan serta kemitraan Polri dengan masyarakat yang sudah terjalin dengan baik dilapangan. kata salah seorang sopir kepada penulis.

(dok. pribadi) Nampak jalan trans palu-Napu setelah dibersihkan
(dok. pribadi) Nampak jalan trans palu-Napu setelah dibersihkan

Saat  masih sedang mengatur arus lalu-lintas, saya langsung menghampiri Kapolsek kemudian selanjutnya beliau memberikan tanggapan bahwa, ini merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab polri terhadap masyarakat khususnya diwilayah saya polsek palolo, agar supaya seluruh pengguna jalan yang melewati wilayah Palolo baik itu sepeda motor ataupun mobil,  dapat melakukan perjalanannya dengan aman dan lancar hingga sampai tujuannya masing-masing/

Kemudian apresiasi yang tinggi juga di sampaikan kepada pemerintah desa Sigimpu yang telah bersama-sama dengan Polri secara bergotong royong berhasil membersihkan longsor sehingga dapat diakses dan dilalui kembali oleh pengguna jalan dari palu ke palolo atau pun sebaliknya, walaupun masih darurat seperti ini.

Sebelum saya akhiri tulisan ini, saya pantas tutup dengan satu kalimat, TERIMA KASIH PAK POLISI DAN MASYARAKAT DESA SIGIMPU KEC PALOLO.

sekian....

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x