Mohon tunggu...
Cahyadi Takariawan
Cahyadi Takariawan Mohon Tunggu... Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Penulis Buku Serial "Wonderful Family", Peraih Penghargaan "Kompasianer Favorit 2014"; Peraih Pin Emas Pegiat Ketahanan Keluarga 2019" dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Konsultan Keluarga di Jogja Family Center" (JFC). Instagram @cahyadi_takariawan. Fanspage : https://www.facebook.com/cahyadi.takariawan/

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Bukan Hanya Pilpres dan Pileg, 2019 Juga Ada Pilsek

31 Januari 2019   23:27 Diperbarui: 2 Februari 2019   09:20 362 3 0 Mohon Tunggu...
Bukan Hanya Pilpres dan Pileg, 2019 Juga Ada Pilsek
sumber foto: telegraph.co.uk

Pada tahun 2019 ini, kejadian penting di Indonesia bukan hanya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), namun ada kejadian lainnya yang sangat penting yaitu pemilihan sekolah (Pilsek) bagi putra-putri yang akan melanjutkan belajar ke jenjang berikutnya. 

Ada yang baru masuk ke Taman Kanak-kanak (TK), ada yang akan masuk bangku Sekolah Dasar (SD), ada yang akan masuk ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan ada pula yang akan masuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pada keluarga dengan jumlah anak banyak, bisa jadi di tahun 2019 ini akan memasukkan beberapa putra putrinya sekaligus ke berbagai jenjang pendidikan tersebut. Tentu terbayang kerepotan dalam teknis dan juga biayanya. Apalagi ada yang akan masuk jenjang perguruan tinggi. 

Nah, bagi orangtua yang anaknya sekarang kelas 6 SD, atau kelas 9 SMP, tentu harus mempersiapkan mereka untuk masuk jenjang SMP dan SMA. Di Indonesia, ada sangat banyak ragam pilihan model pendidikan di tingkat SMP dan SMA. Orangtua harus cermat dan tepat dalam mengambil keputusan soal pendidikan anak.

Oleh karena itu jangan hanya fokus bicara pilpres dan pileg sampai meghabiskan semua energi dan pikiran kita. Jangan larut dalam perdebatan soal pilpres dan pileg semata-mata, sampai habis semua waktu kita. 

Walaupun tentu saja hal itu sangat penting bagi bangsa dan negara Indonesia, namun peristiwa pilsek tidak kalah penting dianding pilpres dan pileg. Ingat, kualitas pendidikan anak-anak kita akan menentukan kualitas kepemimpinan masa depan Indonesia.

Mumpung saat ini masih ada waktu untuk merenung dan berdikusi, karena tahun ajaran baru akan mulai pada bulan Juli 2019 nanti. Bicarakan di rumah, musyawarahlah dengan penuh kelegaan tanpa harus ada perbenturan antara suami dan ustri atau antara orangtua dengan anak. 

Pikirkan masak-masak, pilih model pendidikan yang paling tepat bagi anak anda. Ingat, semua anak kondisi dan kecerdasannya berbeda-beda, maka perlu sentuhan dan keputusan yang tepat bagi setiap anak kita.

Mengapa Boarding School dan Pesantren?

Pada kurun waktu akhir-akhir ini, semakin banyak sekolah atau lembaga pendidikan dengan sistem boarding school didirikan. Bukan hanya di daerah perkotaan, bahkan merambah ke wilayah yang berkategori pelosok alias mblusuk. 

Dan uniknya, pilihan boarding school semakin banyak diminati masyarakat luas. Sangat banyak boarding school setingkat SMP dan SMA yang menampung siswa siswi dari berbagai wilayah se Indonesia, bahkan sebagian dari manca negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN