Mohon tunggu...
Ozan Lubis
Ozan Lubis Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Jika Danau Toba Meletus Lagi

2 Oktober 2018   11:27 Diperbarui: 3 Oktober 2018   09:08 0 1 0 Mohon Tunggu...
Jika Danau Toba Meletus Lagi
sportourism.id

Mungkin banyak yang bertanya bukankah itu danau ya bukan gunung? Memang benar toba yang sekarang berbentuk danau tapi coba lihat beberapa ratus tahun yang lalu toba masih berbentuk gunung bahkan bukan sekedar gunung biasa namun super volcano atau gunung berapi yang memilki daya ledak yang luar biasa.

Siapa diantara kalian yang berasal di pulau Sumatera? Mungkin kalian tau jika danau toba bukanlah sekedar danau, tapi pernah ada gunung sebelum terjadinya danau. Sekitar 74 ribu tahun yang lalu danau toba adalah gunung merapi volcano, yang daya ledak gunung nya sangatlah dahsyat.

Ledakan gunung Toba sangatlah dahsyat. Kalian tahu gunung berapi Krakatau?  Itu sebagian kecil dari kekuatan ledakan danau Toba. Daya ledak gunung Toba bisa berkali-kali lipat dari gunung Krakatau. Tapi apakah kalian tahu, jika gunung Toba yang ini masih aktif? Kabarnya jika gunung Toba meletus maka ini pertanda dari akhir jaman. Seram bukan?

Berikut hal-hal yang akan terajdi bila Toba meletus.

Kegelapan total di seluruh dunia
Gunung Toba tempo dulu mampu melontarkan berjuta-juta asam belerang. Jika hal ini terjadi, maka akan ada banyak sekali orang-orang yang kehabisan nafas karena asap reupsi yang dikeluarkan. Sembunyi di dalam rumah pun tidak ada gunanya.

Selain itu bumi juga akan mengalami kegelapan total, karena awan akan tertutup oleh asam belerang yang memenuhi udara. Kalian ingat kebakaran hutan yang tejadi di Kalimantan, asap nya saja bisa memenuhi seluruh Kalimantan, bahkan Sumatera. Jika gunung Toba kembali meletus, mungkin akan lebih dahsyat lagi dari bencana kebakaran hutan.

Hilangnya kehidupan di muka bumi
Erupsi yang terjadi karena ledakan gunung Toba pada masa lalu memang sangatlah dahsyat. Kita tidak hanya kehilangan udara segar dan kegelapan saja. Dampak yang paling mungkin adalah tidak adanya sinar matahari yang mampu menembus bumi.

Mungkinkah hal ini terjadi? Sangatlah mungkin, karena pada jaman dahulu kronologi ini memang terjadi di bumi kita. Seluruh mahluk hidup akan mati, karena sesuatu yang hidup selalu bergantung dengan sinar matahari. Ketika kita tidak mendapatkan sinar matahari lagi yang ada satu persatu dari kita akan mati.

Baca juga : Waspada Ketika Gempa Bumi Datang Melanda

Terjadinya cuaca ekstrem
Setelah terjadi letusan pertama gunung Toba para peneliti mulai mengambil kesimpulan. Ternyata ratusan tahun yang lalu pernah terjadi cuaca dingin yang ekstrem.

Cuaca seperti ini tidak hanya berlangsung dalam beberapa bulan, karena tidak ada yang tahu secara pasti kondisi cuaca di bumi. Mungkinkah manusia bisa bertahan dalam situasi yang seperti ini? Kita tidak pernah tahu jika hal ini menjadi akhir dari dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN