Mohon tunggu...
Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Mohon Tunggu... Guru - English Teacher (I am proud to be an educator)

Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Copa America 2024: Aksi Captain America dan Kontes Gol Indah di Grup C

24 Juni 2024   13:48 Diperbarui: 24 Juni 2024   14:02 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Christian Pulisic. Sumber: Diolah dari @brfootball

Captain America beraksi dengan superior di gelaran Copa America 2024. Tetapi kali ini bukan dalam serial super hero yang dunia aksi kepahlawanan fiksi, melainkan di dunia nyata yang menuntut sportifitas. 

Adalah kapten timnas Amerika Serikat, Christian Pulisic yang tampil superior pada matchday pertama penyisihan grup C. Menjamu Bolivia di AT & T Stadium, Texas, Pulisic tampil cemerlang dengan torehan satu gol dan satu assist ketika Negeri Paman Sam unggul atas Bolivia 2-0.

Pulisic mencetak gol cepat pada menit ke-3 lewat tendangan jarak jauh. Satu assist diberikan kepada kompatriotnya di lini serang Amerika, Folarin Balogun pada menit ke-44.

Pelatih Amerika Serikat, Gregg Berhalter memainkan skema menyerang  4-3-3.  Titik poros serangan US Army adalah di kedua sayap, yakni Weston McKennie dan Giovanni Reyna. Aliran bola McKennie diarahkan ke Timothy Weah dan Reyna menuju Pulisic. Sementara, Balogun menjadi titik sentral arah bola di pertahanan Bolivia.

Timnas Uruguay ketika melawan Panama di matchday pertama Copa America 2024. Sumber: Diolah dari @uruguay
Timnas Uruguay ketika melawan Panama di matchday pertama Copa America 2024. Sumber: Diolah dari @uruguay

Pada pertandingan lain di grup C di Hard Rock Stadium, Florida, wakil Amerika Latin, Uruguay mengalahkan Panama. Tiga gol berhasil disarangkan Uruguay melalui Maximiliano Araujo (16'), Darwin Nunez (85') dan Matias Vina (90+1'). Panama merespon di penghujung laga melalui sumbangan gol Michael Amir Murillo (90+4).

Darwin Nunez sesaat setelah mencetak gol kedua Uruguay lawan Panama. Sumber: Diolah dari @uruguay
Darwin Nunez sesaat setelah mencetak gol kedua Uruguay lawan Panama. Sumber: Diolah dari @uruguay

Kontes permainan terbuka dengan hasil gol-gol indah Uruguay kontra Panama menampilkan sepakbola khas Amerika Latin yang mengandalkan permainan indah dan tendangan keras. Uruguay yang mendominasi aliran bola mampu menciptakan 20 tendangan di mana 7 diantaranya tepat sasaran serta tiga berbuah gol. 

Panama tidak tinggal diam.  Adalberto Carrasquilla dkk merespon tekanan Uruguay dengan 10 tembakan, 3 mengarah tepat sasaran dan sebiji berbuah gol.

Dua laga pembuka penyisihan grup C pada Copa America 2024 ini adalah gelaran kontes gol indah sepakbola terbuka. Gaya bertahan minim, dan leboh berorientasi pada penyerangan. Tendangan-tendangan keras menjadi ciri khas umum para kreator peluang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun