Mohon tunggu...
Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Mohon Tunggu... Guru - English Teacher (I am proud to be an educator)

Seorang Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih Artikel Utama

Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilu Serentak Tahun 2024

10 Februari 2024   10:52 Diperbarui: 10 Februari 2024   17:24 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Persiapan apel siaga Bawaslu, Panwaslu, PKD dan PTPS se-Kabupaten Tana Toraja. (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

Memasuki kampanye hari terakhir dan menjelang masa tenang Pemilu Serentak Tahun 2024, Bawaslu menyelenggarakan Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang yang dirangkaikan dengan deklarasi pemilu damai. Salah satu agenda pokok Bawaslu menjelang hari pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 ini juga berlangsung di Tana Toraja, pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Bertempat di pusat kota Makale, Tana Toraja, tepatnya di Plaza Kolam Makale, apel siaga ini mengumpulkan lebih dari 1000 peserta yang terdiri dari Panwaslu kecamatan, kepala sekretariat kecamatan, staf kecamatan, panwas kelurahan desa dan pengawas TPS. Hadir pula sebagai undangan perwakilan tim sukses dari tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, forkopimda dan KPU Tana Toraja.

Swafoto bersama panwas, PKD dan PTPS. (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 
Swafoto bersama panwas, PKD dan PTPS. (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

Salah satu kecamatan yang mendatangkan PKD dan Pengawas TPSnya adalah Gandangbatu Sillanan. Sebanyak 12 PKD dan 64 Pengawas TPS datang menghadiri apel siaga ini. Turut pula hadir 3 anggota panwaslu kecamatan, kepala sekretariat dan staf. 

Komisioner Bawaslu Tana Toraja, Theofilus Lias Limongan bertindak sebagai pembina apel. Dalam sambutannya, beliau menitipkan netralitas para Panwas, PKD dan PTPS dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.

Money politic yang saat ini sedang masif terjadi dalam kampanye caleg maupun parpol dan timses pilpres diakui sebagai sebuah tantangan besar Bawaslu sebagai penyelenggara. Sehingga kehadiran Pengawas TPS benar-benar penting karena bertindak sebagai garda terdepan suksesnya Pengawasan Pemilu. 

Foto bersama kepala sekretariat kecamatan dan kepala sekretariat kabupaten. (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 
Foto bersama kepala sekretariat kecamatan dan kepala sekretariat kabupaten. (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

Panwas, PKD dan PTPS kini telah dilengkapi aplikasi online berbasis android untuk menopang percepatan penyampaian hasil pengawasan. Hasil hitung manual pun bisa dilaporkan dengan cepat yang akan langsung masuk ke server Bawaslu kabupaten, provinsi dan pusat. 

Seusai apel siaga, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi pemilu damai. Perwakilan timses paslon pilpres ikut menandatangani Deklarasi bersama Bawaslu, KPU, perwakilan Bupati dan Polres Tana Toraja. 

Kegiatan ditutup dengan sesi ramah tamah berupa menikmati snack yang disediakan oleh panitia penyelenggara, yakni Bawaslu Tana Toraja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun