Mohon tunggu...
Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Mohon Tunggu... Guru - English Teacher (I am proud to be an educator)

Seorang Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Perebutan Juara BRI Liga 1 Memanas

20 Februari 2023   22:27 Diperbarui: 20 Februari 2023   22:40 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Logo BRI Liga 1. Sumber Gambar: Facebook Liga 1  Indonesia

Pertandingan laga lanjutan BRI Liga 1 pekan ke 24 dan 25 menjadikan persaingan tiga klub dalam merebut trofi gelar juara BRI Liga 1 musim 2022-2023 makin memanas. PSM Makassar, Persib Bandung dan Persija Jakarta adalah tiga tim teratas dengan peluang merebut juara terbesar.

Hasil kontras diterima oleh peringkat kedua dan ketiga pada klasemen sementara. Pada pekan sebelumnya, Persib Bandung yang berada di posisi ketiga klasemen di bawah Persija Jakarta, kembali ke jalur kemenangan dan tetap membuka peluang jaura liga. Usai kalah 1-3 dari PSM Makassar di pekan ke-23, Persib menang meyakinkan atas tuan rumah RANS Nusantara FC 3-1. 

Persib Bandung langsung memimpin tiga gol atas RANS melalui gol-gol dari David da Silva (7'), Ciro Alves (35') dan gol bunuh diri pemain RANS, Finky Pasamba (54'). RANS memperoleh gol hiburan lewat Yanis Mbombo (60').

Sementara pesaing berat Persib, Persija Jakarta justru menuai hasil buruk. Menjadi tamu bagi Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Macan Kemayoran dipaksa menyerah oleh tuan rumah. Bhayangkara sukses menahan laju Persija lewat kemenangan 2-1. 

Persija sempat unggul 1-0 lewat gol Hanno Behrens di menit ke- 20. Gol ini seakan membuka asa Persija mengejar PSM di puncak klasemen. Akan tetapi di babak kedua, Bhayangkara bermain lebih agresif. Matias Mier berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui sepakan penalti menit ke-51. Tiga puluh menit berselang, Persija tertunduk oleh gol indah Alex Ferreira. 

PSM Makassar berhasil mempertahankan posisi puncak klasemen dengan mengalahkan tamunya Persik Kediri. Bermain di stadion Gelora B.J. Habibie Pare-Pare, Wiljan Pluim dkk menang tipis 2-1. Yuran Fernandes membuka kran gol PSM di menit ke-3. Selanjutnya Persik Kediri sukses menyamakan kedudukan lewat sontekan Renan da Silva di menit ke-40.

Striker lokal Makassar, Ramadhan Sananta menjadi pemberi kemenangan bagi tim Juku Eja melalui sumbangan golnya pada menit ke-66.

Kemenangan PSM  atas Persik mulai melebarkan jarak dengan peringkat kedua Persib bandung menjadi 4 poin. Akan tetapi, Maung Bandung masih memiliki kesempatan menipiskan poin menjadi satu karena masih memiliki satu laga tunda. 

Persija melorot ke posisi ketiga klasemen sementara dengan poin 47. Tertinggal 2 poin  dari Persib yang menyodok ke posisi dua. Baik Persib dan Persija masing-masing masih mengantongi satu laga tunda. Jika kedua tim memenangi satu laga tersebut makan poin Persib menjadi 52 dan Persija 50. 

Hasil beragam dari ketiga tim papan atas BRI Liga 1 makin membuat menarik perebutan jelar juara, seolah sama menariknya denga pergantian Ketum PSSI.  Semoga dengan kepengurusan baru di PSSI, BRI Liga 1 musim ini akan memberi makna tersendiri bagi persepakbolaan Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun