Mohon tunggu...
Id.Djoen
Id.Djoen Mohon Tunggu... ”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran”

Anak Bangsa Yang Ikut Peduli Pada Ibu Pertiwi

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Samber THR Kompasiana 2021 Usai, akankah Tetap Menulis?

14 Mei 2021   08:00 Diperbarui: 14 Mei 2021   08:21 411 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Samber THR Kompasiana 2021 Usai, akankah Tetap Menulis?
Gbr : https://www.kompasiana.com/

Tepat pukul 00 wib telah selesai aku tuliskan dan aku posting pukul 00.15 wib artikel terakhir dalam rangka mengikuti acara Samber THR Kompasiana 2021 untuk menyambut Ramadan 1442 H. Ada  Merbagai macam hadiah yang menggiurkan dari penyelenggara dan disponsori oleh KOJIMA, Coldera Hotels yang merupakan reward bagi para peserta yang nantinya dipilih sebagai pemenang.

Samber THR Kompasiana 2021 Usai, akankah Tetap menulis ?

Ini adalah pertanyaan yang relevan bagi para peblogger di kompasiana ini dan juga bagi diri saya sendiri. Sebab ada banyak motivasi atau tujuan seseorang menulis artikel dikompasiana salah satunya semata-mata untuk mendapatkan Hadiah diajang Samber THR Kompasiana 2021. Ini bisa terlihat banyak yang beramai-ramai dan antusias menulis artikel saat ajang tersebut, padahal sebelum ada  moment tersebut jarang sekali ditemui tulisannya di kompasiana. Itu hal yang wajar sebab kita manusia biasa yang juga hitung-hitungan dari kinerja kita saat menulis artikel butuh berfikir dan keluar keringat juga.

Akan tetapi banyak juga para penulis kompasiana tak memperhatikan reward, mereka istiqomah menulis berbagai macam artikel dan karya tulis mereka tetap ada walau Samber THR Kompasiana tiada. Penulis-penulis semacam ini yang perlu kita dan saya sendiri untuk mencontohnya. Mungkin mereka sharing ilmu, informasi atau masukan-masukan yang membangun kepada siapapun melalui tulisannya.

Inikah calon pemenang Samber THR Kompasiana 2021 ?

Selama hampir sebulan ajang Samber THR Kompasiana 2021 digelar saat Ramadan 1442 H ini dengan berbagai macam topik artikel dan tantangan. Pada hari ke 29 dimana peserta idak diwajibkan menulis artikel dengan topik tertentu namun mengisi kuis dengan beberapa pertanyaan berlabel Kuis : Serba serbi Samber THR Kompasiana 2021.

Setelah klik kuis dari semua pertanyaan ada beberapa pertanyaan yang mengharuskan peserta untuk mengunjungi link kompasiana dimana artikel tersebut juga merupakan untuk ajang Samber THR Kompasiana 2021. Mungkinkah link artikel-artikel kompasiana tersebut kandidat pemenang Samber THR Kompasiana 2021 ? kalaupun iya setelah mengunjungi link-link artikel tersebut untuk menjawab kuis mereka layak untuk menang dalam ajang kompetisi ramadan tahun ini.

Panitia tentu tidak asal pilih link untuk dijadikan pertanyaan kuis, namun terlebih dahulu melakukan penilaian atas artikel tersebut untuk layak dibaca oleh para penulis kompasiana lainnya terutama peserta Samber THR Kompasiana 2021. Dari beberapa artikel kompasiana yang dijadikan soal kuis dihari ke 29 samber THR, ada tiga kreteria yang jadi acuan untuk dijadikan pelajaran bagi penulis kompasiana lainnya. Kenapa saya bilang dijadikan pelajaran ? pihak panitia, moderator, admin atau apalah namanya pada Samber THR kali ini mungkin ingin peserta dapat belajar bagaimana menulis artikel yang memenuhi kreteria dan layak untuk menang.

Menurut analisa saya ada tiga keunggulan dari artikel tulisan kompasiana yang dijadikan soal kuis serba serbi THR Kompasiana 2021, yaitu :

Kualitas Artikel

Ada artikel yang memang berbobot dalam penulisannya penulis memberikan argument dan data valid untuk dijabarkan secara aktual sehingga enak dibaca oleh pembacanya. Dan artikel tersebut memang layak masuk artikel UTAMA atau headline. Untuk menjadi artikel utama dikompasiana ga mudah lho, dari sekian artikel yang aku tulis baru satu yang masuk headline atau artikel utama. Setelah membaca artikel tersebut jadi kita diharuskan untuk belajar agar bisa menulis artikel yang layak jadi hedaline kompasiana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN