Mohon tunggu...
Id.Djoen
Id.Djoen Mohon Tunggu... ”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran”

Anak Bangsa Yang Ikut Peduli Pada Ibu Pertiwi

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Gili Ketapang Butuh Sentuhan Serius

11 Juli 2019   21:15 Diperbarui: 11 Juli 2019   21:25 0 1 0 Mohon Tunggu...
Gili Ketapang Butuh Sentuhan Serius
dok. pribadi

Gili Ketapang sebuah destinasi wisata yang terletak di kabupaten Probolinggo, tepatnya pulau ini berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju pulau tersebut harus melalui rute penyeberangan dimulai dari pelabuhan Tanjung Tembaga dengan perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Sebuah potensi wisata yang butuh sentuhan lebih serius agar menjadi lebih ramai pengunjung, kurang ramainya pengunjung kepulau Gili Ketapang disebabkan transportasi penyeberangan yang masih sederhana yang berupa perahu dan dari segi safety keamanan penumpang belum dimaksimalkan. Ada rasa kekawatiran pagi pengunjung untuk menyeberang kepulau tersebut dengan menggunakan alat transportasi sederhana tersebut terlebih jika cuaca kurang baik dan saat musim penghujan.

dok. pribadi
dok. pribadi
Padahal keindahan pasir putih dan snorkling melihat terumbu karang dengan berbagai macam ikan-ikan laut yang indah merupakan pemandangan yang indah dan menarik untuk dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

dok. pribadi
dok. pribadi
Masih adanya hewan-hewan ternak milik warga setempat juga salah satu faktor yang menyebabkan kurang berkenan bagi pengunjung. Masih sedikitnya penjual makanan, serta tempat beristirahat bagi pengunjung yang ingin bermalam dipulau tersebut juga butuh perhatian.

Memang masih butuh keseriusan dan sentuhan tangan agar Gili Ketapang tak kalah dengan Gili Lombok, Gili Pulau Seribu yang telah populer kemancanegara. Dari hasil kunjungan ke Gili Ketapang hal yang terpenting untuk ditangani dinas pariwisata setempat adalah "Transportasi" yang masih sederhana plus tingkat safety belum terpenuhi.

Jikalau pengunjung merasa aman dan nyaman dalam perjalanan menyeberangi laut menuju pulau tersebut akan menjadi daya tarik bagi wisatawan lain untuk berani berkunjung kepulau tersebut. Gili Ketapang Probolinggo destinasi wisata yang indah membutuhkan sentuhan tangan agar lebih indah.

Dengan semakin ramainya wisatawan berkunjung ke Gili Ketapang tentu saja akan berdampak dengan peningkatan ekonomi warga setempat sebab ada peluang pekerjaan bagi warga, dari mulai berdagang makanan, souvenir dan lain-lain.

VIDEO PILIHAN