Mohon tunggu...
Rahman
Rahman Mohon Tunggu... Penulis - Penulis lepas

Menulis apa yang saya suka, siapa tahu kamu juga suka. Twitter: @oomrahman.

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech Pilihan

InaRI Expo 2022, Perayaan Riset dan Inovasi Anak Bangsa

10 November 2022   15:44 Diperbarui: 10 November 2022   15:46 1022
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
InaRI Expo 2022 menampilkan beragam karya inovasi dan riset di Indonesia. Termasuk talk show dan seminar seputar BRIN. Foto: Rahman.

Seperti apa ya perkembangan inovasi dan riset di Indonesia saat ini? Untuk mengetahuinya, saya berkesempatan mengunjungi Indonesia Research & Innovation (InaRI Expo) yang berlangsung pada 28-30 Oktober 2022 di gedung Innovation Convention Center (ICC), Cibinong, Bogor.

Atas undangan Kompasiana, saya bisa mengetahuinya lewat beragam talk show, booth, dan permainan yang ada di sana. Pengunjung bisa berbincang dengan kelompok masyarakat, pelajar, dan peneliti dari nasional maupun mancanegara yang hadir di InaRI Expo 2022.

Pada InaRI Expo perdana ini, temanya Digital, Blue and Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Energi. Sebagai suatu langkah bukti BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045.

Salah satu talkshow yang berlangsung pada Minggu (30/10), yakni mengenai Pengenalan Laboratorium dan Sosialisasi E-Layanan Sains BRIN. Kedua pembicara berasal dari Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi BRIN, yakni Evan Maulana dan Nurbaiti Marsas Prilitasari.

Mereka menjelaskan 141 laboratorium BRIN yang terbuka untuk umum. Tersebar di beberapa lokasi, seperti Tangerang, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Surabaya, Lampung, dll. Sarana prasarana Laboratorium BRIN tersebut dapat digunakan melalui layanan online bernama E-Layanan Sains (Elsa).

Jika peneliti membutuhkan beragam fasilitas dan jasa dari laboratorium, bisa mengakses situs elsa.brin.go.id. Beberapa layanan penelitian bisa memudahkan kebutuhan peneliti, karena laboratorium BRIN menyesuaikan kebutuhan mereka.

Peneliti perlu mendaftar di situs Elsa. Kemudian, mereka memilih fasilitas apa yang dibutuhkan. Masing-masing laboratorium beserta pelayanannya punya harga berbeda dengan proses pembayaran yang relatif terjangkau.

Layanan sains ini merupakan perwujudan peran BRIN sebagai penyedia infrastruktur penelitian, pengembangan, dan pengkajian nasional. Sebagai hub kolaborasi aktivitas kreatif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang terbuka bagi bagi banyak kalangan. Khususnya akademisi, industri, UMKM, dan masyarakat umum.

Kemeriahan Hari Terakhir InaRI Expo 2022

BRIN baru terbentuk pada 30 Januari 2022. Bertujuan menyelenggarakan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan terpadu, serta invensi dan inovasi penelitian. BRIN turut mengimplementasikan energi nuklir dan antariksa di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun