Mohon tunggu...
Ongky Hojanto
Ongky Hojanto Mohon Tunggu... Public Speaking Academy

Penulis Buku best seller Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan Founder Public Speaking Academy CEO Founder The Laundry Company Property Devloper & Investor Motivator Keuangan versi Metro TV

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

3 Cara Mengatasi Kebosanan Saat Mengikuti Seminar

4 Februari 2021   13:23 Diperbarui: 4 Februari 2021   13:46 147 3 1 Mohon Tunggu...

Tahun 2008-2012 saya menghabiskan banyak waktu dan menginvestasikan uang untuk mengikuti workshop didalam dan luar negeri. Waktu workshop dari 2 hari hingga 15 hari dari yang bayar jutaan hingga ratusan juta. Satu hal yang saya pikirkan sebelum mengikuti workshop tersebut, "Bagaimana caranya mengatasi kebosanan ?"

Berdasarkan praktek, maka jurus 3T ini dapat anda lakukan saat mengikuti seminar atau workshop, sehingga hasilnya dapat maksimal :

1.Tentukan tujuan awal
Sebelum mengikuti sebuah seminar, buatlah tujuan pribadi anda. Apa yang anda cari dalam seminar tersebut. Jika anda di utus oleh perusahan atau kantor anda, maka tuliskan manfaat yang dapat anda berikan kepada perusahan anda sepulang dari seminar.

Catatan : Saat anda di utus perusahan untuk mengikuti seminar, maka jangan bersikap egois, bodoh dan tidak tahu diri dengan perilaku sok sibuk WA,BBM atau surfing di internet sementara seminar berlangsung.  

Ingatlah bahwa perusahan anda begitu peduli dengan anda, sehingga perusahan mau untuk upgrade pengetahuan dan ketrampilan anda.

Jika orang lain peduli dengan masa depan anda, bagaimana dengan anda ?

2.Terlibatlah

Libatkan diri dalam seminar tersebut. Ikutlah diskusi dengan serius, bertanyalah jika ada hal yang tidak jelas, karena kata Tung Desem Waringin lebih baik kelihatan bodoh 3 detik karena bertanya hal yang tidak anda mengerti dari pada bodoh seumur hidup karena malu bertanya.

Catatan : Pelajarilah mind mapping, ini cara terefektif untuk membuat ringkasan materi seminar

3.Tuliskan ide untuk action plan anda

Carilah AHA atau ide dalam seminar tersebut. Cara ? berdasarkan materi yang dibahas oleh pembicara apa yang dapat anda terapkan segera untuk diri anda atau untuk perusahan anda berdasarkan ide tersebut. Targetkanlah 10-15 AHA untuk setiap seminar yang anda ikuti

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x