Mohon tunggu...
One Village One CEO
One Village One CEO Mohon Tunggu... Editor - Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim

Program Inovasi Pengembangan Bisnis Perdesaan Berbasis pada Produk Unggulan Desa (Prukades) yang Berorientasi Ekspor

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

One Village One CEO Beri Pendampingan Pemasaran Produk Berbasis Digital untuk Mengembangkan Pemasaran Lobster Air Tawar di Desa Gudang Seng

16 Desember 2023   15:00 Diperbarui: 16 Desember 2023   15:01 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama pendampingan pemasaran digital

Pada tanggal 7 November 2023, Tim OVOC desa Gudang Seng mengadakan pendampingan dan pendampingan dengan tema "Pemasaran Produk Berbasis Digital" sebagai upaya memperluas jaringan pemasaran lobster air tawar. Masalah kurangnya pasar dan keterbatasan wadah kolam lobster mengakibatkan tingginya tingkat kematian pada lobster tersebut, sehingga pendampingan ini diinisiasi untuk membantu masyarakat desa dalam memasarkan produknya secara digital.

Pendampingan ini dihadiri oleh 15 peserta dari masyarakat desa dan mengundang narasumber konten kreator digital, Muhammad Ahyad S.Ak. Narasumber menyampaikan bahwa seiring berjalannya waktu, penggunaan media digital dalam pemasaran produk atau barang menjadi sangat penting. Belum hanya sekadar menggunakan media digital, tetapi juga memahami dan menganalisis media sosial serta platform marketplace yang relevan untuk produk atau barang yang dijual.

Fokus pendampingan mencakup berbagai aspek, termasuk menentukan target konsumen, memilih media sosial dan market place yang sesuai dengan produk, serta teknik pengambilan foto dan video yang baik untuk keperluan pemasaran. Masyarakat desa menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam kegiatan ini, dengan aktif bertanya kepada narasumber terkait penggunaan media digital.

Salah satu peserta menyampaikan bahwa mereka masih kurang familiar dengan media digital yang baik untuk memasarkan produk atau barang. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan masyarakat desa dapat mengetahui strategi yang efektif dalam memasarkan produk melalui media digital, mengenali platform yang relevan dengan produk mereka, dan dapat memulai sendiri langkah-langkah pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan lobster air tawar mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun