Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah wiraswasta

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. Http://omnduut.com | IG : @Omnduut

Selanjutnya

Tutup

Cerita Ramlan Pilihan

Dari Ngupil Hingga Keluarnya Cairan "Precum", Ini Dia Beberapa Mitos Seputar Puasa Ramadan

2 Juni 2018   06:53 Diperbarui: 2 Juni 2018   14:35 1098 3 2
Dari Ngupil Hingga Keluarnya Cairan "Precum", Ini Dia Beberapa Mitos Seputar Puasa Ramadan
Gambar dikreasikan dari situs pngtree.com

Kemarin pagi, saat akan berangkat kerja, Syifa, keponakan saya yang berusia 7 tahun mendadak bilang, "om maaf puasa adek batal. Tadi nggak sengaja keminum air saat sikat gigi," ujarnya.

"Loh, kalau gak sengaja itu gakpapa, dek. Trus ini puasanya adek batalin? Adek minum sama makan?" tanya saya balik.

"Nggak, masih puasa."

"Nah, terusin aja sampai magrib ya. Nggak apa-apa itu kalau gak sengaja."

"Bohong om, itu adek sengaja minum air di bak," seru Rais, abangnya Syifa yang kemudian diiringi oleh suara merengek ngambek dari adiknya hehe. Jelas Rais hanya bercanda, karena saya tahu, keponakan saya yang paling kecil itu orangnya nggak bisa bohong.

Omong-omong, wajar jika anak kecil seusia Syifa masih kagok dalam berpuasa. Namanya juga masih dalam tahap latihan, kan. Sampai-sampai, air yang tak sengaja tertelan aja sudah disimpulkan dapat membatalkan puasa. Walau begitu, nyatanya ada beberapa hal lain yang kadang masih meragukan sehingga masih timbul mis-persepsi di masyarakat. Apa saja? Ini dia!

Makan di Saat Imsyak. Apakah Boleh?

Saya lupa kapan dan siapa, namun ada yang pernah bilang ke saya, "jika makan sesudah imsya, maka puasanya batal!" well, saya tidak dapat berargumen terlalu keras saat itu walaupun sepengetahuan saya, makan dan minum betul-betul dilarang begitu azan berkumandang.

Sebelum subuh, masih bisa makan. Gambar dari hellodoktor.com
Sebelum subuh, masih bisa makan. Gambar dari hellodoktor.com
Dan, setelah saya beritahu, benar saja di Al-Baqarah ayat 187 kan udah jelas banget ditulis, "Makan minumlah hingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu terbit fajar." Hal ini diperkuat lagi dengan hadis nabi yang diriwayatkan oleh HR Bukhari & Muslim yakni, "Makan dan minumlah kalian, sampai Ibnu Ummi Maktum berazan, karena tidaklah dia mengumandangkan azan kecuali setelah terbit fajar."

Kesimpulan : Mitos. Selagi belum azan, masih boleh, kok!

Sikat Gigi Setelah Subuh Itu Boleh Tidak?

Kalau yang ini sih juga sempat membayang-bayangi puasa saya belasan tahun lalu. Galau gitu mau sikat gitu setelah sahur (saat akan pergi sekolah misalnya). Jadi dilema, di satu sisi kelupaan sikat giti pas sahur, di sisi lain kalau gak sikat, kasihan teman sebelah hehehe.

Bukhari kembali meriwayatkan dimana Rasul pernah bilang, "seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu."

Sikat gigi boleh kok saat puasa. Gambar dari hellosehat.com
Sikat gigi boleh kok saat puasa. Gambar dari hellosehat.com
Jadi, kembali lagi ke niat sih. Jika emang tujuannya hanya untuk membersihkan gigi bukan untuk coba neguk beberapa tetes air dengan sengaja dan tujuan menghilangkan dahaga, maka boleh saja.

Kesimpulan : Mitos. Monggo sikat giginya. Namun, sebelum subuh tentu lebih baik.

Menelan Liur Tidak Membatalkan Puasa, Loh!

Ada beberapa kerabat dekat yang saya kenal intensitas meludahnya di atas rata-rata. Itu di hari biasa loh, bukan saat Ramadan. Nah, di Ramadan ini intensitasnya malah lebih lagi. Agak jijik sebetulnya. Apalagi sebelum meludah, mereka biasanya mengeluarkan suara yang... you knowlah ya!

"Takut ngebatalin puasa, Yan! Jadi dikeluarkan," ujar beliau.

Dih, mana ada itu. Liur itu kan cairan alami yang dihasilkan dan disekresikan dari kelenjar ludah. Jadi ya nggak apa-apa jika ditelan. Apalagi Imam An-Nawawi sebagai ijma' (kesepakatan ulama) berkata, "menelan air ludah tidak membatalkan puasa." Ya wes, jadi aman, ya!

Kesimpulan : Fakta! Menelan air ludah tidak membatalkan puasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2