Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Pemilik Akun Instagram @FujiFilmStore_ Ini Berhasil Menipu Pembelinya

30 Mei 2018   21:40 Diperbarui: 5 Juni 2018   17:59 3140 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Meski di bulan Ramadan, bulan baik di mana orang berebut merengkuh keberkahan kini tengah berlangsung, tetap saja ada pihak-pihak tertentu yang berupaya menipu para pembeli dengan cara berkedok menjual satu produk namun begitu uang berhasil di dapat, maka penjual ini langsung memblokir tiap akses komunikasi dengan orang yang telah ditipunya.

Ini terjadi pada salah seorang teman saya, sebut saja Bunga, yang tergiur membeli sebuah mirrorless bekas dengan harga miring. Awalnya Bunga mendapati info tentang penjual saat berselancar melalui aplikasi instagram hingga kemudian ketemulah dengan akun dengan ID @FujiFilmStore_

"Akun instagramnya nampak meyakinkan. Belum lagi ditambah dengan adanya beberapa endorse dari pembeli sebelumnya, jadi saya tergiur," ujar Bunga.

Jadilah setelah melakukan pembicaraan melalui aplikasi whatsapp, telah disepakati kamera bekas Fujifilm seri X-A3 terjual dengan harga Rp.850.000. Si penjual mengimingi bahwa semua produknya bebas ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

"Namun, jika mau sampainya cepat dalam waktu sehari, bisa tambah Rp.50.000"

Dan, Bunga sepakat dengan itu sehingga di hari yang sama, Kamis 24 Mei 2018, Bunga langsung mentransfer uang sejumlah Rp.900.000 melalui fasilitas m-banking Bank Mandiri ke rekening an Grace Natalia K dengan no rekening 1770006520552. Sebelumnya, si penipu ini mengaku jika berdomisili di Manado.

Gambar milik Bunga
Gambar milik Bunga
Gambar milik Bunga
Gambar milik Bunga
Keanehan Mulai Bermunculan

Barang dijanjikan akan dikirim pada Jumat, 25 Mei 2018. Dan, sebagaimana janji si penipu, barang harusnya sudah diterima teman saya Bunga pada Sabtu, 26 Mei 2018. Namun, saat hari berakhir, barang yang ditunggu juga belum datang.

Dan, betapa kagetnya Bungabahwa jalur komunikasi melalui Whatsapp sudah tidak dapat dilakukan, alias si penipu ini sudah memblok no telepon Bunga. Komunikasi melalui pesan singkat di aplikasi instagram juga tidak dapat dilakukan.

Pesan mulai tidak direspon. Gambar milik Bunga
Pesan mulai tidak direspon. Gambar milik Bunga
Jelaslah sudah bahwa pemilik akun @FujiFilmStore_ ini sudah melakukan tindakan kecurangan. Nasi sudah menjadi bubur, untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Beberapa kerabat pun berusaha berkomunikasi dengan si penjual dengan cara berpura-pura sebagai calon pembeli , namun langsung diblokir jika sudah menyerempet mempertanyakan kamera Bunga yang tak juga dikirim.

Berharap dari Bank Mandiri dan Telkomsel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan