Dalam rangka HUT Republik Indonesia ke-68 ini terdapat logo resmi yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah. Logo hasil “Lomba Desain Logo HUT ke-68 RI” ini berbentuk angka 68 dengan empat bendera merah-putih ini muncul pada saat upacara bendera di Istana Negara, Jakarta. Menurut situs Kementerian Sekretaris Negara RI, tema logo ini adalah menjaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Memang tak ada ketentuan seluruh stasiun televisi wajib menayangkan logo “68” sepanjang upacara. Tak heran, masing-masing televisi berbeda dalam memperlakukan logo ini. Metro TV, tvOne, Indosiar, ANTV, Global TV, MNC TV, SCTV, Trans TV, dan TVRI, misalnya. Sembilan stasiun televisi tersebut sejak awal menampilkan logo di layar televisi. Penempatan logo “68” berbeda-beda. Oleh karena logo MNC TV dan Global TV ada di sebelah kiri, maka logo “68” diletakkan di sebelah kanan. Sebaliknya, di layar SCTV, Indosiar, tvOne, Trans TV, dan TVRI logo “68” diletakkan di sebelah kiri. Sementara, peletakkan logo Metro TV dan ANTV berbeda. Oleh karena logo Metro TV ada di kanan bawah, maka logo “68” diletakkan di layar kanan atas. Sedang ANTV, entah kenapa, meletakkan logo “68” di kiri bawah layar, meski logo ANTV ada di kanan atas.
Meski satu grup, soal pemunculan logo di MNC Group berbeda-beda. Khusus RCTI, stasiun televisi ini tidak sejak awal memasang logo, sebagaimana stasiun-stasiun televisi saudaranya, yakni MNC TV, Global TV, MNC News, dan Sindo TV. RCTI lebih suka memasang angka 24 sebagai usia kelahirannya dan baru memasang logo “68”, sekitar 15-20 menit upacara bendera berlangsung. Itu pun tidak dipasang terus menerus, tetapi durasi on air logo lima detik, setelah itu logo hilang dan muncul lagi, begitu seterusnya. Seperti juga RCTI, hal yang sama juga terjadi di layar Trans 7.


Jika di layar RCTI logo “68” hanya muncul 5 detik, sebaliknya MNC TV dan Global TV menjalankan kebijakan berbeda. Dua televisi ini terus meng-on air-kan logo sepanjang upacara, tanpa memperhitungkan durasi tayang, kecuali pada saat jeda iklan. Boleh jadi Indosiar dan SCTV merupakan stasiun televisi yang cukup “ramai” soal logo. Selain logo Indosiar yang ada di sebelah kiri, logo “68” di sebelah kanan, stasiun televisi ini memberikan logo tambahan di kiri bawah, yakni grafis warna merah dan biru beserta logo resmi “68”. Sementara SCTV meletakkan logo tambahan di sebelah kanan bawah.

Tak seperti durasi tayang di layar RCTI atau Trans TV, logo “68” on air di layar tvOne cukup panjang, yakni berdurasi 18:35 detik. Cukup panjang dibanding Trans TV yakni 1 menit on air, atau jauh lebih lama dibanding durasi di layar RCTI yang cuma 5 detik. Untuk jeda tanpa logo, tvOne memberi durasi sekitar 13:35 detik.
Salam Merdeka!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI