Oman rausyan pikir
Oman rausyan pikir

Membaca dan menulis itu hidupku

Selanjutnya

Tutup

Novel

Hari Libur Tergantung Profesi dan Agama

7 Desember 2018   08:44 Diperbarui: 7 Desember 2018   09:19 136 0 0

Profesi merupakan salah satu yang harus di miliki oleh setiap orang. Profesi juga merupakan bagian dari rangkain hidup yang harus di tekuni di setiap harinya. Untuk memiliki profesi terkadang latar belakang pendidikan bukanlah alasan yang sesungguhnya. Tapi yang menjadi alasan sesungguhnya adalah kemampuan dari masing-masing individu. Ini bukan masalah mampu dan tidak, tapi ini merupakan jalan yang di pilih untuk mendapatkan penghasilan di setiap harinya.

Sebagai manusia yang di lahirkan pada zaman yang percaya kepada tuhan. Maka setiap dari kita pasti melakukan semua perintahnya. Meskipun terkadang kita masih lalai untuk melakukannya. Dalam menjalani  banyaknya rangkaian agama, ada hari-hari yang pasti selalu di rayakan. Bukan hanya merayakan hari-hari besar dalam beragama. Tapi juga ada hari-hari besar untuk melakukan sebuah ritual (sholat/sembayang). 

Dalam menjalani profesi dan juga menjalankan kodrat sebagai manusia beragama. Maka sebagian dari kita harus  menyempatkan waktu kita untuk menjalankan kewajiban sebagai manusia yang memiliki agama. Akhirnya sebagian dari kita memiliki hari libur sendiri dalam menjalani profesi. Hal ini terjadi karena banyak profesi yang ada.

Bagi sebagian dari kita yang memiliki profesi yang memanfaatkan sumber daya alam khususnya laut dan darat  (hutan). Kekayaan di laut dan di darat (hutan), kita dapat menjadikan sumber daya itu sebagai sebuah profesi dalam mencari sebuah materi untuk tunjangan hidup. Hal ini tidak terlihat aneh bagi kita. Tapi ini sudah menjadi sebuah tontonan atau sebauh aktifitas yang sangat sering di lakukan.  

Untuk itu bagi sebagian dari kita yang memiliki profesi sebagai orang-orang yang memanfaatkan sumber daya alam, pasti kita memiliki hari libur yang berbeda. Hal ini terjadi bukan karena kita memiliki keyakinan yang berbeda atau pun kita tinggal di sebuah lingkungan yang berbeda. Tapi profesilah yang menjadikan pembeda bagi kita untuk mempunyai hari libur. Untuk itu , hari libur bagi sebagian profesi petani dan nelayan  adalah hari pada saat melakukan ibadah atau sholat. Hal ini terjadi karena kita ingin melakukan tugas dari agama yang kita anut. 

Pada umumnya kita memiliki hari libur yang sudah di atur oleh negara kita. Dari tanggal-tanggal tertentu sampai pada hari libur yang sudah di tentukan di setiap minggunya. Tapi lagi-lagi latar belakang profesilah yang menjadi alasan untuk kita memiliki hari libur yang berbeda.