Mohon tunggu...
Oktavia Salsabila
Oktavia Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Melatih Perkembangan Motorik Anak Usia TK dengan Menerapkan Pembelajaran yang Menyenangkan

29 Oktober 2023   15:15 Diperbarui: 29 Oktober 2023   15:45 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama murid TK Zainuddin, dokrip 

Kamis, 26 Oktober 2023 TK Zainuddin. Mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945. Ferdiyanto Hari Pratama (1512300065), Dina Novi Alysia (1512300078), Agnesya Dwi Septya Yudha (1512300117), dan Oktavia Salsabila (1512300101). Dalam memenuhi tugas ETS (Evaluasi Tengah Semester), mahasiswa tersebut melakukan kegiatan turun lapangan untuk melakukan praktik pembelajaran yang dapat melatih perkembangan motorik anak di usia TK dan memberikan edukasi pembelajaran yang efektif sesuai umur anak usia TK. Dengan dosen pengampu ibu Sayidah Aulia Ul Haque, M.Psi., Psikolog mata kuliah psikologi perkembangan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih perkembangan motorik anak usia TK. 

Kegiatan turun lapangan oleh mahasiswa tersebut mengadakan pembelajaran dengan bermain game yang menyenangkan dan  dapat melatih perkembangan motorik pada anak usia TK. Game yang dilakukan yakni estafet gelas plastik menggunakan sumpit dan estafet bola menggunakan kertas yang diikuti oleh 31 murid dari kelas TK A. Alasan mengapa memilih kegiatan tersebut dikarenakan anak pada usia TK akan lebih efektif apabila belajarnya melalui permainan menyenangkan yang dapat merangsang motoriknya.

Game pertama yakni estafet gelas plastik menggunakan sumpit. Game ini dilakukan dengan cara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 10 anak. Cara bermainnya yaitu dengan membariskan anak-anak sesuai kelompoknya, kemudian menyalurkan gelas plastik dari depan kebelakang dengan menggunakan sumpit. Game tersebut bermanfaat dalam perkembangan motorik yang dapat melatih rasa percaya diri, kekompakan, konsentrasi dan kesabaran.

Game pertama estafet gelas plastik menggunakan sumpit, dokrip 
Game pertama estafet gelas plastik menggunakan sumpit, dokrip 
Game kedua yakni estafet bola dengan menggunakan selembar kertas. Game ini dilakukan secara berkelompok dan satu kelompok terdiri dari 10 anak. Cara bermain dari game ini adalah dengan membariskan anak-anak sesuai kelompoknya, kemudian menggelindingkan bola melalui atas kertas yang dipegang masing-masing anak dari samping depan menuju samping belakang. Manfaat dari game ini sama dengan manfaat dari game pertama yaitu dapat melatih perkembangan motorik dalam melatih rasa percaya diri, kekompakan, konsentrasi dan kesabaran. Namun di game ini dirasa lebih sulit, karena beberapa anak sulit mengendalikan bolanya agar tidak jatuh. Disinilah anak-anak lebih teruji kesabaran, konsentrasi, dan kekompakannya. Tetapi walaupun begitu anak-anak tetap bersemangat dan bisa menyelesaikan permainan ini hingga selesai.

Game kedua estafet bola menggunakan kertas, dokrip
Game kedua estafet bola menggunakan kertas, dokrip
Di TK Zainuddin sendiri sebenarnya sudah menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan usia anak TK, seperti menerapkan pembelajaran yang dapat merangsang motorik anak dan pembelajaran yang dapat memecahkan masalah. Namun ada permintaan wali murid yang menginginkan anaknya bisa belajar calistung (baca, tulis, hitung) bahkan menghafal yang dimana seharusnya anak usia TK belum bisa diajarkan. Sehingga TK Zainuddin memberikan pembelajaran tambahan kepada muridnya atas permintaan wali murid . Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat mengatasi pembelajaran yang kurang efektif dengan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan, melatih motorik, dapat memecahkan masalah, dan menerapkan pembelajaran sesuai dengan usia anak. Sehingga wali murid tidak terlalu menekan putra putrinya untuk selalu bisa menguasai materi.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, kami  mendapat respon dan dukungan yang sangat baik dari para guru yang mengajar di TK Zainuddin.  Dalam mengajar, kami dibimbing oleh guru yang mengajar di kelas. Walaupun kami terdapat kesulitan dalam melakukan pembelajaran dikarenakan anak-anak terlalu aktif. Tetapi akhirnya kami semua bisa menyelesaikan dengan baik. Tak hanya mendapat respon dari guru, kami juga menerima respon dan dukungan dari murid TK Zainuddin. Hal ini ditunjukkan anak-anak yang gembira,  antusias ketika bertemu kami dan antusias saat pembelajaran dimulai. 

Foto bersama guru mengajar di TK Zainuddin, dokrip 
Foto bersama guru mengajar di TK Zainuddin, dokrip 
Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan perkembangan motorik anak usia TK dan bisa memotivasi para guru pengajar untuk melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun