Mohon tunggu...
Oktavia Wijaya
Oktavia Wijaya Mohon Tunggu... Content Writer

Travel Enthusiast🍃 □ 📝 www.aivatko.com □📷www.instagram.com/oktaav

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Danone Blogger Academy 2018: Mulai dari Pembahasan Gizi hingga Vlog Pribadi

30 Oktober 2018   11:27 Diperbarui: 9 November 2018   15:47 0 1 1 Mohon Tunggu...
Danone Blogger Academy 2018: Mulai dari Pembahasan Gizi hingga Vlog Pribadi
Kelas Menulis DBAA 2018

Tahun ini, Danone bekerja sama dengan Kompasiana kembali menggelar Danone Blogger Academy 2018 yang mengusung tema "Nutrisi Penuh Untuk Hidup Berkelanjutan". Terpilihlah 20 blogger dari sekitar 600 orang yang mendaftar.  Tanggal 29-30 September 2018 dan 6 Oktober 2018, semua peserta mengikuti  Akademi Menulis sebelum selanjutnya akan dilaksanakan field trip, pembuatan karya hingga graduation. Peserta diberikan informasi mendalam dari pakar di bidangnya. Tidak hanya mengenai isu kesehatan yang bisa dijadikan bahan informasi, tapi juga media penyampaiannya yang akan membuat isu kesehatan bisa dikemas dengan menarik.

Sabtu pagi yang seharusnya aku manfaatkan untuk tidur lebih lama, aku korbankan demi akademi menulis ini. Ya, hari itu pertama kalinya aku akan bertemu dengan teman-teman yang lolos menjadi 20 besar Danone Blogger Academy 2018. Sebenarnya aku masih belum menyangka bisa terpilih menjadi satu diantara 20 orang peserta Danone Blogger Academy 2018, tetapi aku bersyukur telah diberikan kesempatan ini. Setelah menyiapkan diri, aku langsung pergi ke Kantor Danone di Kuningan.


Sebelum jam 8 pagi, aku sudah sampai di Kantor Danone berbarengan dengan Mbak Elly yang ku ketahui peserta Danone Blogger Academy karena sama-sama menuju lantai 9. Saat sampai, ruangan sudah ramai. Tak lama setelah duduk dan berkenalan dengan beberapa peserta, kami semua dipersilahkan untuk masuk ke ruangan sekaligus sarapan. Akademi menulis resmi dimulai!



Akademi menulis ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 29-30 September 2018 sampai 6 Oktober 2018. Materi yang kita pelajari juga sangat beragam dan disampaikan langsung oleh ahli di bidangnya masing-masing. Kami dibuat terkejut, miris, serius, tertawa dan pusing selama 3 hari, tapi sangat menyenangkan.

Materi yang kita pelajari yang pertama adalah mengenai gizi dan nutrisi. Materi mengenai "Pemenuhan Nutrisi pada 1000 HPK Guna Mencegah Terjadinya Stunting pada Anak" disampaikan langsung oleh Ir. Doddy Izwardi, MA, Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. 

Saat itu, peserta sangat serius menyimak permasalah stunting ini karena ternyata penyakit malnutrisi ini sangat berbahaya. Dr Klara, SpA (K) dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran UI, RSCM juga menambahkan bagaimana pentingnya gizi untuk mencegah stunting. 

Selain mengenai gizi dan nutrisi, semua peserta Danone Blogger Academy 2018 juga belajar mengenai air sebagai sumber kehidupan, pentingnya hidrasi untuk tubuh, pangan aman, mengenal plastik dalam kehidupan sehari-hari  dan juga belajar bagaimana menghandle hoax di social media yang disampaikan langsung oleh Ibu Rosarita Niken Widiastuti selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo.

Tidak hanya diberikan pengetahuan mengenai isi atau materi yang menjadi bahan pembuatan karya nanti, kami juga diberikan pelatihan bagaimana mengemas informasi tersebut menjadi sebuah karya yang menarik. 

Kami belajar mengenai social media, belajar membuat vlog, belajar menangkap fenomena kesehatan di sekitar dan belajar menulis dengan gaya bertutur dari berbagai praktisi di bidangnya masing-masing. Influencer Jonathan End, Fotografer Senior Arbain Rambey hingga Editor in Chief Kompas Wisnu Nugroho memberikan ilmunya dan tidak segan untuk menjawab berbagai pertanyaan kami. 



HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN