Mohon tunggu...
Okto Klau
Okto Klau Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Menulis adalah mengabadikan pikiran

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Skema BLT BBM dan Dampaknya bagi Masyarakat Kecil

7 September 2022   10:15 Diperbarui: 7 September 2022   11:56 868 24 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi BLT (Sumber: shutterstock)

BBM secara resmi telah dinaikkan oleh pemerintah. Pertalite (Ron 90) sebagai BBM penugasan yang semula harga per liternya Rp 7.650 naik menjadi Rp 10.000 per liter. Pertalite secara resmi sudah menjadi BBM penugasan setelah sebelumnya bensin dengan kode ron 88 dihapus.

Seperti yang kita tahu bersama, kenaikan BBM selalu diikuti dengan melonjaknya tarif kendaraan. Dan bila sudah demikian, bukan saja tarif kendaraan yang naik tetapi imbasnya semua harga kebutuhan pokok akan melonjak.

Hal ini sungguh dilematis. Rakyat kecil akan tercekik. Inflasi pasti tidak akan terhindarkan. 

Ekonom senior Faisal Basri seperti dilansir dari Tribunnews.com mengatakan kenaikan ini tidak bisa dihindarkan karena merupakan fenomena global yang terjadi hampir di semua negara. Karena itu ia menghimbau kepada pemerintah agar menggunakan semua sumber daya yang ada untuk membantu rakyat.

Dampak besarnya sudah pasti adalah rakyat kecil. Padahal ada sejumlah pihak menilai kenaikan BBM saat ini tidak tepat. Bagaimana mungkin masyarakat yang baru saja mulai bangkit setelah sebelumnya dihantam badai covid-19 harus dihadapkan kembali kepada kenaikan BBM yang akan membuat mereka kembali tercekik.

Sejak Minggu, 4 September 2022 BBM subsidi jenis pertalite menjadi Rp 10.000 dari sebelumnya Rp 7.650. Sedangkan untuk Solar menjadi Rp 6.800 dari sebelumnya Rp 5.150.

Sebagai solusinya, pemerintah akan memberikan BLT BBM bagi yang berhak menerimanya. Namun hal ini sangatlah tidak efektif. 

Lalu bagaimana kita menyikapinya?

Dampak kenaikan BBM bagi Masyarakat Kecil

Sudah menjadi lumrah, imbas dari kenaikan BBM adalah masyarakat keci. Hal ini harus diwaspadai oleh pemerintah. Inflasi tinggi sebagai dampak ikutan kenaikan BBM subsidi ini harus menjadi perhatian utama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan