Mohon tunggu...
Fauji Yamin
Fauji Yamin Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Tak Hobi Nulis Berat-Berat

Institut Tinta Manuru (faujiyamin16@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Rorano, Meramu Obat Tradisional di Maluku Utara

22 Januari 2022   14:33 Diperbarui: 18 Maret 2022   14:49 399 37 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi rempah. (sumber: SHUTTERSTOCK / Marina Shanti via kompas.com)

"Kita punya banyak tanaman obat yang tersebar hampir diseluruh Nusantara. Dari Aceh sampai Papua. Tanaman obat ini sudah turun temurun digunakan warga dengan berbagai cara seperti ritual dan adat bahkan yang berbau mistis sekalipun," Ujar salah satu dosen sewaktu diskusi di Bogor.

Pokok pemikirinnya ini membawa saya pada realita di lapangan Khususnya di Maluku Utara. Di hampir penjuru provinsi ini, orang-orang secara turun-temurun menggunakan tanaman obat sebagai penyembuh ampuh berbagai penyakit.

Walaupun dunia medis berkembang sangat pesat dengan berbagai kemajuan teknologi tetapi praktek pengobatan tradisonal menggunakan tanaman obat yang sangat mudah ditemukan di sekitar pemukiman masih dipraktekan hingga saat ini. 

Penggunaan tanaman obat yang dipraktekan secara tradisional di Maluku Utara sangat mudah ditemui terutama baik di daratan Halmahera hingga di Kota sekalipun.

Di sini mereka menyebutnya "Rorano"atau ramuan tradisional seperti pala, cengkih, Jahe, akar kayu, batang kayu hingga dedaunan. Belum ada data pasti soal sejak kapan Rorano ini digunakan namun dipercayai telah hadir secara turun temurun. 

Rorano atau ramuan tradisional merupakan ramuan yang terdiri dari berbagaj jenis rempah maupun jenis bahan lain yang bersumber dari alam diolah menjadi satu. Tujuan penggunaannya macam-macam. 

Dari imunitas hingga mengobati berbagai jenis penyakit seperti liver, hernia hingga kemandulan sekalipun. Atau dari penyakit ringan semisal demam hingga berat.

Proses hingga menjadi Rorano memerlukan beberapa tahapan dan tidak sembarangan dilakukan. Apalagi oleh orang awam yang hanya tau dari mulut ke mulut.

Ada berbagai ritual maupun prosesi yang mengawali.  Paling penting dari prosesi ini, tukang obat atau orang yang biasa meramu Rorano dalam proses mengambil bahan utama terlebih dahulu meminta izin kepada alam hingga memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk kesembuhan.

Proses meminta izin kepada alam sering di sebut basililoa. Di mana mereka meminta izin kepada alam untuk mengambil daun, batang hingga akar. (1)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan