Mohon tunggu...
Fauji Yamin
Fauji Yamin Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Tak Hobi Nulis Berat-Berat

Institut Tinta Manuru (faujiyamin16@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Tantangan Membangun Rumah Baca di Desa

4 Januari 2022   21:31 Diperbarui: 5 Januari 2022   05:04 318 37 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Seorang anak dari kecamatan Cigeulis sedang membaca buku cerita anak-anak di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Saung Huma.(DOK. PRIBADI/GABRIELLE ALICIA WYNNE PRIBADI)

"Bagaimana progres rumah baca yang kamu dirikan?" Tanyaku pada salah satu kompasianer.

"Sementara masih jalan. Hanya saja kami terkendala dengan lokasi. Selama dua bulan ini kami menggunakan rumah guru, sesekali warga dan rumah para siswa," jawabnya.

"Lah bukannya kemarin kata Pak Kades bakal ada alokasi anggaran dan lahan untuk pembangunan rumah baca?" Ujarku mengingatkan.

"Ya hanya sekedar wacana bang. Ditagih pun katanya nanti dianggarkan. Tapi sampai sekarang janji tinggal janji," ujarnya lagi.

Rumah baca yang didirikannya merupakan buah dari dari diskusi kami bersama beberapa bulan lalu. 

Saya mendorongnya untuk mendirikan rumah baca setelah ia begitu penasaran atas keberhasilan kami mendirikan rumah baca di salah satu kabupaten.

Dasar pendidikannya sebagai seorang guru kemudian mendorongnya melakukan kampanye kepada rekan-rekan mahasiswa. Apalagi kebanyakan dari mereka terkenal kritis. 

Selain itu, dorongan paling kuat ketika ia menyaksikan dalam beberapa tahun belakangan, banyak siswa-siswi yang menghabiskan waktu dengan bermain, begadang hingga larut malam.

Hampir enam bulan lamanya ia melakukan advokasi kepada masyarakat dan mendorong mahasiswa agar ikut berpartisipasi sebagai bagian dari agent of change. Namun tak semudah membalikan telapak tangan. Mahasiswa sebagai pilar justru acuh ketika sampai ke desa

Segala kebijakan yang dianggap tak sesuai dikritisi dengan memobilisasi masa melakukan demostrasi atau sekedar melaksanakan mimbar bebas di lokasi keramaian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan