Erny Kusuma
Erny Kusuma Wiraswasta

Penikmat indahnya wisata alam Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Cerita Ramlan

Berburu Takjil Segar untuk Kesehatan

17 Mei 2018   23:54 Diperbarui: 18 Mei 2018   00:23 453 1 1
Berburu Takjil Segar untuk Kesehatan
Berbagai takjil yang dijajakan penjual (dok.pri)

Berburu Takjil  Segar untuk Kesehatan

Alhamdulillah puasa pertama pada bulan ramadan kali ini sudah terlewati.  Lancar tanpa kendala apapun.  Cuaca di kota tempat tinggal saya sangat mendukung,  tidak panas juga tidak hujan.  Adem terasa... 

Waktu seperti sekedipan mata dan sore pun menjelang. Pertanda tak berapa lama waktu untuk berbuka puasa tiba.  Nah saat sore adalah saat yang baik untuk berburu takjil. 

Di Malang Jawa Timur, banyak tempat yang menjajakan takjil.  Diantaranya di sekitar jalan Soekarno Hatta,  disepanjang pertokoan Sawojajar dll. Karena kedua tempat itu agak jauh dari rumah,  saya memilih ke lokasi lainnya yang lebih dekat

Takjil Beraneka Ragam

Meja berjajar panjang penuh dengan aneka takjil.  Berupa sayuran,  lauk pauk,  es buah,  kudapan, kue-kue dll. Melihat banyaknya makanan yang ditawarkan membuat saya ingin membeli semuanya. Agak kemaruk ya?  Padahal pas buka nanti belum tentu semua dimakan. Perburuan takjil kali ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.  Tahun lalu hingga ke tempat yang lumayan jauh.  Sore tadi hanya disekitar tempat tinggal saja.  Adalah pasar Bunul Blimbing Malang yang saya tuju. Dari rumah berniat hanya membeli sayur, lauk pauk dan kolak. Dalam hati ramadan tahun ini bisa menahan hawa untuk tidak berbelanja secara berlebihan.

Di Bunul banyak orang antri membeli  takjil.  Kebanyakan dari mereka adalah pekerja atau karyawan yang baru pulang kantor.  Mereka yang tidak sempat memasak pasti akan mencari takjil yang banyak dijual.  Penjual takjil seakan menjadi dewa penolong orang-orang yang sibuk bekerja.

Sambil melihat deretan takjil yang membuat mata terbelalak,  saya hanya bisa membathin bingung. Mau pilih yang mana? Akhirnya kupilih satu kudapan yang mampu mencuri perhatianku.  Potongan aneka buah segar dengan saus mayoneise, susu dan taburan keju.  Orang menyebutnya Salad Buah.

Salad Buah Segar (dok.pri)
Salad Buah Segar (dok.pri)
Menurut info yang pernah saya baca,  salad buah sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh.  Apalagi saat berpuasa mengkonsumsi buah segar bisa melancarkan pencernaan.  Selain rasanya yang makcezz juga dipercaya sebagai anti oksidan.  Wah lengkap ya dan cocok untuk stamina tubuh kita saat puasa. 

Rasanya sudah lengkap berburu takjil dihari pertama puasa ini.  Sayur,  lauk pauk dan kudapan salad buah sudah kutenteng.  Saya segera melenggang pulang untuk persiapan berbuka puasa bersama keluarga kecilku.