Mohon tunggu...
Adexfree
Adexfree Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis adalah ruang untuk berbagi

Simplicity

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Plus Minus Memiliki Side Job

3 April 2021   12:00 Diperbarui: 3 April 2021   12:02 517
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi pribadi / edit by canva

Memiliki pekerjaan tetap akan tetapi gaji tak mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari, besar pasak daripada tiang. Mungkin diantara anda ada yang mengalami hal seperti ini.

Anda sudah berupaya hidup sederhana dan sehemat mungkin tapi apalah daya gaji tetap tak mampu memenuhi kebutuhan keluarga. Jalan satu-satunya adalah dengan mencari sumber penghasilan lain yang tentu saja waktu bekerjanya tidak mengganggu pekerjaan utama kita. 

Saya pun pernah mengalami hal ini sekitar beberapa tahun lalu. Pada saat itu saya sedang melanjutkan  kuliah dengan biaya sendiri karena tidak mau merepotkan orangtua, sedangkan gaji dari pekerjaan utama saya tak mampu memenuhi biaya kuliah. Suatu keberuntungan bagi saya karena mendapatkan pekerjaan ini bukan dengan melamar seperti pada umumnya tapi berdasarkan rekomendasi, dan saya menganggap ini adalah rezeki dari Allah untuk mencukupi biaya saya kuliah.

Ada cerita unik pada saat saya memulai pekerjaan sampingan ini, bos tempat saya bekerja tersebut menanyakan mau gaji berapa ? saya bingung ditanya seperti itu karena saya benar-benar tidak mengetahui berapa besar kisaran gaji untuk seorang asisten praktek dokter subspesialis, akhirnya saya hanya menjawab saya ingin digaji sesuai dengan kapasitas pekerjaan saya, dan bos saya pun hanya mengatakan oke kalau begitu. 

Tiba saatnya di akhir bulan, saya pun penasaran kira-kira berapa gaji yang saya terima, apakah lebih kecil atau lebih besar dari harapan saya. Tapi saya positif thinking dan berdoa pada Allah agar gaji saya ini mampu menutupi biaya kuliah saya. Alhamdulillah ternyata gaji yang saya terima lebih dari yang saya harapkan. 

Memiliki side job memang ada keuntungan dan kerugiannya

Keuntungannya :

Mendapat sumber penghasilan tambahan

Hal ini menjadi tujuan utama kenapa kita mencari pekerjaan sampingan, karena kondisi perekonomian saat ini memaksa kita untuk lebih bekerja keras guna memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Namun bukan berarti dengan adanya penghasilan tambahan ini membuat kita menjadi lebih konsumtif ya, jangan sampai ini terjadi.

Menambah pengalaman

Adanya side job membuka peluang bagi kita untuk menambah pengalaman. Seperti saya misalnya ketika memiliki side job benar-benar minim pengalaman, pada saat itu belum pernah menghadapi pasien-pasien kanker namun seiring waktu akhirnya side job ini memberikan saya banyak pengalaman menghadapi pasien-pasien kanker sesuai dengan stadiumnya. Pengalaman ini tidak saya dapatkan dalam pekerjaan utama saya, meskipun pekerjaan utama saya di rumah sakit. Dari side job ini juga saya belajar bagaimana membaca hasil USG dan pemeriksaan apa saja yang tepat untuk menegakkan diagnosa kanker.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun