Mohon tunggu...
Humaniora

Mengenal Ilmu Komunikasi

8 November 2017   18:52 Diperbarui: 8 November 2017   19:14 705
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamualaikum.......

Hallo semua, saya disini mau ngasih tau apa sih Ilmu Komunikasi itu. Tapi pasti sebagian besar dari kalian udah ada yang tau ya sedikit-sedikit hehe

Sebelumnya kita kenalan dulu kali yaaa, nama saya Novia Wulansari kuliah di Universitas Islam Sultan Agung Semarang (UNISSULA) fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi, prodi Ilmu Komunikasi, jurusan Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication).

Buat kamu dan kalian yang sekarang yang masih SMA, dan masih bingung, bimbang, galau, gelisah, dan merana (gak deng hehe) mau lanjutin kuliah dimana dan jurusan apa. Sini saya jelasin tentang Ilmu Komunikasi di Unissula yaaa.........jangan di skiploh bacanyaaa :D

Pertama-tama saya mau jelasin dulu Ilmu Komunikasi tuh apa sihhhhh. Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mentransfer ide dari satu individu ataupun grup ke individu atau grup yang lain. Proses transfer itu sendiri bisa melalui media tertulis, lisan, maupun media-media yang lain. Biasanya jurusan Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan paling favorit di berbagai universitas negeri maupun swasta. Kalau kamu merasa suka ngoceh, bergaul, menulis, promosi, atau bahkan nonton film, ini mungkin jurusan yang tepat buat kamu. Jurusan Ilmu Komunikasi ini mempelajari tentang ilmu berkomunikasi, baik dari tentang pengirim pesan, isi pesan, media, penerima pesan, maupun hambatan-hambatannya.

Cocok banget kan buat kamu yang suka ngoceh hehehehe

Eitsss tapi jangan salah dulu, buat kamu yang introvertatau pendiem juga bisa juga kok masuk komunikasi apalagi Ilmu Komunikasinya Unissula. Karena saya aja dulunya pendiem banget kok, apalagi bisa dibilang saya ini orang asing di Semarang karena saya orang Bogor dan biasanya ngomong bahasa Sunda bukan bahasa Jawa. Makanya awal-awal saya kuliah tuh saya diem terus gak pernah ngobrol karena emang gak ngerti juga hehehehe

Di Ilmu Komunikasi Unissula, kalian juga bakal diajarin yang namanya Public Speaking atau berbicara di depan publik. Jujur, itu salah satu pengalaman yang gak bisa saya lupain karena itu pertama kalinya saya ngomong di depan banyak orang (yang bukan dikelas) dan diperhatiin sama semua orang. Ternyata itu malah jadi pembelajaran buat saya supaya gak gugup dan lancar ngomongnya.

Kalau dapet tugas pun tugasnya kita anti mainstreamlohh, beda sama prodi-prodi lain. 

Mau tau lebih lanjut????? Stay tune yaa, dilanjut di tulisan selanjutnyaaa :D

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun