Mohon tunggu...
Nawang Wulan
Nawang Wulan Mohon Tunggu... Desainer - Universitas Negeri Malang

Unaa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rangka Memperluas Pasar Produk, Mahasiswa KKN UM 2021 Meredesain Label Kopi "Nangurad" Khas Desa Gajahrejo

19 April 2021   18:17 Diperbarui: 19 April 2021   18:59 605
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Bapak Kadar Yuyun CO Kopi "NANGURAD" / dokpri

Branding

Apakah mungkin membangun sebuah usaha di era new normal dengan omset ratusan juta? Jawabannya tentu saja bisa, sebab dalam memulai bisnis ada beragam cara dan trik dan bisa dilakukan oleh para pelaku usaha mikro atau makro diantaranya dengan menjual produk kekinian seperti kopi. Dan siapa sangka, kopi kini menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat indonesia. Tidak mengherankan karena kopi adalah salah satu komoditas andalan dalam sektor perkebunan di Indonesia.

Salah satu contoh seseorang yang bisa sukses di dalam menjalankan usahanya adalah Kadar Yuyun yang tak lain adalah CO Kopi NANGURAD yang berhasil membangun dan membesarkan bisnis kopinya. Ya, memang maraknya kopi menjadi daya tarik tersendiri untuk memulai bisnis baru, namun di masa new normal seperti sekarang ini apakah binis kopi masih bisa bertahan di era pandemi Covid-19? Tentu saja bisa yakni dengan menyiapkan strategi branding usaha yang bisa dilakukan.

Kopi
Kopi "NANGURAD" Khas Desa Gajahrejo / dokpri

Kopi “NANGURAD” Gajahrejo adalah hasil biji kopi yang ditanam di dataran dengan ketinggian ideal untuk menciptakan biji kopi yang kuat dan ekslusif. Proses penanaman yang memiliki standar tinggi menjadikan kopi memiliki aroma yang manis dan fisik yang sempurna. “NANGURAD” memiliki filosofi yang diambil dari nama dusun yang ada di Desa Gajahrejo yaitu Ndarungan. Kopi “NANGURAD” memiliki 2 varian, yaitu kopi biji sangrai, kopi bubuk. Tersedia 3 kemasan berbeda.

Kemasan yang digunakan bersifat standar tidak berbeda dengan kemasan kopi pada umumnya, namun labelnya yang membedakan. Label kopi “NANGURAD” hingga saat ini masih menggunakan stiker dan desain yang simple. Dalam hal ini, Mahasiswa KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) Universitas Negeri Malang tahun 2021 berencana untuk merubah desain label dari kopi “NANGURAD” bertujuan untuk memperluas pasar.

Re – desain dari label kopi “NANGURAD” sendiri masih dalam proses pembuatan mulai dari evaluasi, pemilihan desain, hingga differensiasi yang bertujuan agar kopi “NANGURAD” memiliki pembeda dari produk kopi lainnya. Tak lupa bagi calon konsumen jangan khawatir, walau kopi “NANGURAD” merupakan produk hasil desa Gajahrejo, produk ini telah mengantongi ijin PIRT yang menjamin bahwa produk ini dapat mengedarkan dan memproduksi secara luas dengan resmi.

-Nawang Wulan, 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun