Mohon tunggu...
Nurwendo Haricahyadi
Nurwendo Haricahyadi Mohon Tunggu... Dosen - Anak Kolong Yang Gemar Menulis

1. Ketua DPP KNPI 1996-1999 2. Ketua PP Generasi Muda FKPPI 1998-2001 3. Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Generasi Muda FKPPI 2008-2018 4. Anggota DPR/MPR RI 1997-2002 5. Dosen 1984-Sekarang 6. Penulis Buku 2020-Sekarang 7. Penulis Di UC We Media 2017-2020

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Otentikasi Setiap Awal Bulan

6 November 2022   14:09 Diperbarui: 6 November 2022   14:23 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat pagi sobat,

Pensiunan macam saya ini setiap awal bulan harus melakukan Otentikasi.

PT TASPEN dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan/program bagi para pensiunan ASN maupun pensiunan pejabat tinggi negara, mengeluarkan sebuah program Digitalisasi Layanan TASPEN yang mengintegrasikan informasi data peserta, keluarga peserta, mutasi dan hitungan pembayaran secara digital.

Salah satu layanan digital unggulan PT TASPEN, yakni berupa aplikasi Taspen Otentikasi yang memudahkan bagi para pensiunan untuk melakukan pembuktian fisik pembayaran hak pensiunnya hanya dengan mengarahkan kamera smarphone pada wajah peserta, tanpa harus datang ke kantor mitra bayar dari PT TASPEN.

Aplikasi Taspen Otentikasi memanfaatkan data biometric peserta yang berifat unik untuk setiap individu sehingga pembayaran hak pensiun terhindar dari kekeliruan.

Semalam, saya baru ingat belum melakukan otentikasi untuk bulan November 2022 pada aplikasi Otentikasi yang ada dalam handphone saya.

Kemudian saya buka aplikasi Otentikasi tersebut lalu memasukan nomor NOTAS dan selanjutnya saya mengikuti instruksi pada aplikasi. Instruksi tersebut berturut turut meminta saya untuk mengarahkan wajah ke dalam lingkaran lalu saya dininta untuk menganggukkan kepala, mengedipkan mata, menggelengkan kepala dan mengucapkan huruf A.

Otentikasi akan berhasil bila wajah kita sesuai dengan data biometrik yang sudah terekam dalam aplikasi.

Tak butuh waktu lama, saya berhasil melakukan otentikasi untuk bulan November 2022 ini. Alhamdulillah ..

Seperti yang pernah saya baca di www.taspen.co.id (12/07/2021) bahwa dengan melakukan otentikasi melalui aplikasi, pensiunan dapat mengambil uang/gaji pensiun melalui ATM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun