Mohon tunggu...
Nurwendo Haricahyadi
Nurwendo Haricahyadi Mohon Tunggu... Dosen - Anak Kolong Yang Gemar Menulis

1. Ketua DPP KNPI 1996-1999 2. Ketua PP Generasi Muda FKPPI 1998-2001 3. Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Generasi Muda FKPPI 2008-2018 4. Anggota DPR/MPR RI 1997-2002 5. Dosen 1984-Sekarang 6. Penulis Buku 2020-Sekarang 7. Penulis Di UC We Media 2017-2020

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Pirus Aceh Nan Indah

9 Oktober 2021   08:03 Diperbarui: 9 Oktober 2021   08:17 149 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sumber gambar: Dokumen pribadi 

Saya mendapat bongkahan batu Pirus Aceh pada tanggal 30 Maret 2017. Seorang pelapak online langganan saya memberikan bongkahan batu Pirus Aceh tersebut sebagai bonus. Namun bongkahan batu Pirus Aceh tersebut tidak segera saya buat batu cincin namun untuk beb erapa lama saya rendam dengan air hujan.

Selang beberapa waktu kemudian, bongkahan batu Pirus Aceh tersebut saya bawa ke tempat pembuatan batu cincin di Pasar Segar Depok.

Edo sang pengrajin pembuatan batu cincin membuatkan saya sebuah batu cincin Pirus Aceh yang berdimensi 20 mm x 15 mm dengan batu mumbul, istilah untuk pembuatan batu cincin dengan ketinggian yang tebal.


Seperti yang pernah saya baca di pemberitaan tentang batu Pirus Aceh bahwa batu Pirus Asal Aceh ini memiliki ciri ciri sebagai berikut :


Seperti halnya dengan jenis bebatuan alam lainnya, batu Pirus yang memiliki warna biru atau hijau bergurat. Menurut penelitian bahwa batu Pirus asal Aceh ini juga memiliki ciri khas akan kandungan alumunium dan tembaga yang sangat tinggi didalamnya.

Kedua kandungan bahan inilah yang membuat warna batu Pirus aman menjadi berwarna biru atau hijau, dan guratan yang dihasilkan oleh batu ini akibat kandungan dari mineral yang merupakan campuran dari tanah, batu, serta zat kapur yang ada dipermukaan batu akik.


Selain dikenal sebagai batu Pirus atau batu bergurat, batu ini juga dikenal sebagai batu akik turquoise dengan warna yang bermacam macam seperti warna biru, biru kehijauan, hijau muda, dan biru langit.


Batu Pirus Aceh ini memiliki kekerasan skala 5 hingga 6 Mohs. Selain digunakan oleh para wanita sebagai hiasan liontinnya, batu Pirus Aceh ini juga sering digunakan sebagai batu cincin oleh kaum pria.

Keindahan batu pirus Aceh memang sangat menarik pandangan mata apalagi saat motif batu dirawat dengan sebaik mungkin sehingga membuat batu Pirus Aceh semakin cantik dan menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan