Mohon tunggu...
Nurulloh
Nurulloh Mohon Tunggu... Building Kompasiana

Ordinary Citizen

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

53 Miliar Hanya untuk Menggaransi Tidak Ada Api dan Asap

18 Mei 2018   09:00 Diperbarui: 21 Mei 2018   15:16 814 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
53 Miliar Hanya untuk Menggaransi Tidak Ada Api dan Asap
Regu pemadam kebakaran (RPK) berusaha memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di area konsesi perusahaan APP Sinar Mas, Sumatera Selatan dalam rangkaian simulasi jelang Asian Games 2018/rul

Tetiba saja satu helikopter patroli yang terbang rendah turun tergesa-gesa di atas helipad milik PT OKI Pulp & Paper Mills di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan pada Senin (14/5) siang. Dengan segera tiga petugas berseragam oranye turun satu-persatu dengan membawa alat pemadam api ringan.

Mereka berlari menuju titik api yang sebelumnya mereka terima atas laporan dari tim pemantau. Dengan sigap mereka memadamkan api kecil tanpa menggunakan air, hanya semburan udara yang kencang.

Tak dinyana api membesar di titik lain yang jaraknya sangat berdekatan. Ketidakmampuan tim yang hanya terdiri dari tiga orang petugas lantas dibantu oleh belasan regu pemadam kebakaran (RPK).

Belasan RPK yang menyusul melalui jalur darat dengan menumpang mobil berlogo Mitsubishi itu bergegas membentangkan selang dan alat penyedot air guna memadamkan api yang membesar.

Proses pemadaman cukup memakan waktu, apalagi di bulan Mei ini memasuki musim kemarau. 

Dari arah jarum jam pukul 3 dari tempat saya berdiri terdengar suara baling-baling helikopter yang berbeda jenis dengan helikopter patroli pengangkut tiga RPK tadi.

Helikopter yang diketahui berjenis Super Puma ini membawa kantong berwarna oranye yang berisi air. Helikopter pabrikan Airbus Helicopters di Prancis ini dikenal tangguh dan dapat mengangkut air dengan kapasitas 4.000 liter.

Api yang tadinya mulai membesar tiba-tiba hanya mengeluarkan asap sisa pembakaran karena dijatuhi air dengan kapasitas besar yang dibawa oleh Super Puma. Tapi, bukan berarti pemadaman selesai.

RPK yang berada di lokasi terus memadamkan sisa api dan memastikannya sudah benar-benar padam. Apalagi, jika kebakaran terjadi di lahan gambut. Bisa jadi api di permukaan sudah padam, tapi belum tentu api yang di dalam tanah ikut padam.

Api, helikopter yang mondar-mandir, serta berlariannya RPK tadi hanyalah sebuah simulasi dari operasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang digelar perusahaan APP Sinar Mas di hadapan para wartawan dan bloger.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN