Mohon tunggu...
Nurul Hafidah
Nurul Hafidah Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Airlangga

.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Lingkungan Makro Terhadap Pemasaran

6 Juni 2024   16:22 Diperbarui: 6 Juni 2024   16:24 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang mampu mengenali dan merespons berbagai kebutuhan dan tren yang belum terpenuhi secara menguntungkan. Kita membedakan antara fad, tren, dan Megatron. 

Fad adalah hanya meledak lalu hilang seketika atau sesuatu yang tidak dapat diperkirakan, berumur pendek, dan tanpa signifikansi sosial, ekonomi, dan politik. Dan para pedagang sangat memanfaatkan momen ini untung mengambil keuntungan contohnya waktu itu sempat ramai tentang es kepal milo sekarang sudah hampir susah menemukan yang masih jualan

Tren (trend) adalah arah atau urutan kejadian yang mempunyai momentum dan durabilitas. Contoh setiap orang ingin memiliki badan yang ideal maka dari itu bisa dimulai dengan olahraga gym dan yoga

Megatren (megatrend) digambarkan sebagai perubahan besar dalam sosial, ekonomi, politik dan teknologi yang lambat terbentuk dan setelah terjadi, perubahan itu mempengaruhi kita untuk sementara waktu antara tujuh sampai sepuluh tahun atau bahkan lebih lama. Contoh 

Peluang pasar yang baru tidak menjamin kesuksean, bahkan jika produk itu sebetulnya layak secara teknis. Sebagai contoh, beberapa perusahaan menjual e-book, tetapi mungkin orang tidak mau membelinya dikarenakan harga nya yang mahal atau tidak ingin membacanya melalui layar komputer. Inilah alasan mengapa kita harus melakukan survey atau riset pasar untuk menentukan potensi laba peluang itu.

Pemasaran global yang berubah dengan cepat, perusahaan harus mengamati enam kekuatan utama : demografi, ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi, dan politik-hukum. Sebagai contoh, ledakan pertumbuhan populasi (demografi) menyebabkan lebih banyaknya pengurangan sumber daya dan polusi (alam), yang membuat konsumen membutuhkan lebih banyak undang-undang (politik-hukum), yang merangsang solusi teknologi baru dan produk (teknologi), di mana, jika produk itu terjangkau (ekonomi), dapat benar-benar mengubah sikap dan perilaku (sosial-budaya). 

"Terobosan Pemasaran: Google" menggambarkan bagimana perusahaan itu berhasil berkapitalisasi di lingkungan pemasran yang baru. (dikutip dari buku Marketing Management. 13th Edition bahasa indonesia)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun