Mohon tunggu...
Humaniora

Berani Bermimpi untuk Sukses

16 Desember 2017   06:55 Diperbarui: 16 Desember 2017   08:48 694
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Setiap manusia pasti memiliki keinginan untuk sukses. Agar kehidupan yang sedang dijalani nya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kata "sukses" memiliki makna yang sangat luas. Bahwa sukses identik dengan kekayaan yaitu melimpahnya harta benda yang dimiliki. 

Ketenaran dan popularitas yang sedang diraih oleh seseorang karena namanya dikenal oleh banyak orang serta keseharian yang sedang dilakukan selalu di liput dalam media massa. Dan  orang yang memiliki jabatan tinggi sehingga ia mampu melakukan apa saja yang dikehendakinya. Namun, menurut saya sukses juga memiliki arti bahwa kita mampu menebar manfaat untuk orang-orang disekitar kita. 

Sehingga dapat membuat mereka tersenyum bahagia dan bangga atas kesuksesan yang telah diraih. Tentu saja untuk meraih sebuah kesuksesan bukanlah hal yang mudah. Dimana, kita harus mampu untuk melewati sebuah proses yang panjang untuk meraih suatu kesuksesan tersebut. Serta mewujudkan suatu mimpi yang sudah di teguhkan di dalam hati.   

Kesuksesan yang pernah saya raih merupakan mimpi yang telah terwujud menjadi kenyataan. Dan untuk mewujudkan mimpi tersebut tentu saja saya harus melewati suatu proses yang panjang. Ketika saya duduk di bangku kelas 2 SD, saya berhasil mendapatkan juara kelas. 

Bahwa mendapatkan juara kelas ialah suatu mimpi saya ketika itu. Proses yang saya lewati ialah ketika mendekati ujian, saya harus mengurangi waktu bermain bersama teman-teman dirumah hanya untuk sekedar belajar. Bahwa saya percaya, dengan giat belajar pasti akan memperoleh suatu hasil yang memuaskan dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Dan tentu saja, membuat orangtua tersenyum bahagia dan bangga karena kesuksesan yang pernah saya raih pada saat itu.

Kesuksesan kedua yang pernah saya raih ialah ketika duduk di kelas 2 SMP saya mengikuti organisasi Drumband. Dan pada saat perayaan hari Kemerdekaan Indonesia, sekolah saya bersama sekolah lainnya menampilkan Drumband di lapangan yang dihadiri oleh Bapak Camat ketika itu. Mungkin, tidak ada yang terlihat istimewa untuk dapat dikategorikan ke dalam kesuksesan. Namun, menurut saya ini merupakan kesuksesan yang pernah kuraih selama di SMP. 

Bahwa terdapat proses yang panjang dan sulit ketika hendak menampilkan Drumband. Seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Drumband, di tuntut untuk bisa memainkan alat musik yang telah di bagi oleh pembina Drumband. Harus menghafalkan ketukan bahkan not demi terciptanya perpaduan yang indah alat musik tersebut. 

Dan harus rela berdiri dibawah teriknya matahari untuk latihan supaya dapat menampilkan secara sempurna di depan anggota upacara serta masyarakat sekitar. Tentu saja membuat orang-orang disekitar bangga terutama orangtua karena melihat anaknya terlibat dalam salah satu siswa yang sedang memainkan Drumband pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia tiba.

Kesuksesan ketiga yang pernah saya raih ialah ketika duduk di bangku kelas 2 MAN ( Madrasah Aliyah Negeri) saya mengikuti lomba olimpiade bidang Kimia tingkat Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Utara. Pada saat itu, saya berhasil meraih juara 1. 

Ini adalah salah satu mimpi saya yang sudah lama saya teguhkan dalam hati. Bahwa saya ingin sekali mengikuti perlombaan olimpiade dan membawa hasil yang memuaskan. Tentu saja saya harus melewati proses yang panjang juga untuk mewujudkan salah satu mimpiku. Saya belajar lebih giat lagi untuk mempelajari ilmu kimia serta dengan berbagai rumusnya. 

Dengan dorongan dan motivasi dari orangtua, guru pembimbing, seluruh guru serta Kepala Sekolah yang mampu membuat aku lebih bersemangat untuk belajar. Saya percaya, bahwa suatu hasil tidak akan menghianati suatu proses, selama memiliki keinginan untuk berusaha pasti mimpi itu akan menjadi suatu kenyataan. Dan membuat orang-orang disekitar terutama keduaorangtua saya tersenyum bahagia dan bangga atas prestasi yang telah diraih pada saat itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun